Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Siap Bikin Tablet Windows 8 Berbasis ARM

Kompas.com - 10/01/2012, 10:33 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Asus menyatakan akan merilis tablet yang berjalan dengan sistem operasi Windows 8 dan menggunakan prosesor dari ARM.

Kabar itu telah dikonfirmasi oleh Samson Hu, Wakil Presiden Asus dan General Manager Unit Bisnis Eee Sistem, dalam jumpa pers Pra-CES 2012 di Taipei, akhir pekan lalu.

Langkah ini diambil Asus setelah beberapa waktu lalu Microsoft mengumumkan bahwa sistem operasi Windows 8 untuk tablet mendukung arsitektur mikroprosesor berbasis x86 dan ARM.

Sebelumnya, Microsoft hanya membangun sistem operasi Windows yang berbasiskan Intel x86. Sedangkan prosesor berbasis ARM lebih banyak digunakan di perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Di Windows 8, Microsoft mulai merancang sistem operasi ini dapat bekerja selain di PC, juga di perangkat tablet dan kemungkinan juga di smartphone, meski untuk di smartphone belum dikonfirmasi oleh Microsoft.

Meskipun dari Microsoft sendiri belum menentukan tanggal rilis Windows 8. Namun, Microsoft akan menyediakan Windows 8 dalam bentuk beta sebagai preview untuk pengembang dan vendor. Versi beta tersebut rencananya bisa diunduh pada Februari mendatang.

Sedangkan pada ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas, pada 10 sampai 13 Januari mendatang, Asus dikabarkan akan memperkenalkan dua tablet baru berukuran 7 inci dan 10 inci. Dua tablet baru ini rencananya mulai dipasarkan pada semester kedua tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.