Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Aplikasi "Windows Store" Buka Mulai Februari

Kompas.com - 10/01/2012, 20:44 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2012, Microsoft memastikan kehadiran versi beta Windows 8 pada akhir Februari mendatang. Satu hal yang menarik, Windows 8 akan dilengkapi toko online "Windows Store" yang menyediakan beragam pilihan aplikasi yang gratis maupun berbayar.

"Windows Store akan dibuka di akhir Februari dan pada kesempatan pertama akan tersedia sejumlah aplikasi gratis," kata Tammi Reller, Chief Marketing Officer Windows, di Las Vegas, Senin (9/1/2012).

Ia menambahkan, toko aplikasi online tersebut akan tersedia secara global untuk semua bahasa yang selama ini didukung Windows dan lebih dari 200 negara di dunia.

Windows Store menurut Tammi Reller dirancang untuk memenuhi kebutuhan semua orang baik untuk hiburan maupun mendukung pekerjaan. Karena itu, aplikasi yang tersedia bukan hanya untuk kalangan konsumen biasa.

Pelaku bisnis juga dapat memasukan update aplikasi atau aplikasi untuk kebutuhan produktivitas di sana.

Pada kesempatan tersebut, ia memamerkan aplikasi game Cut The Rope yang dikembangkan ZeptoLab. Game yang menatang pemain untuk memutus tali agar bandul yang menggantung di ujungnya bisa dimangsa makhluk yang menjadi lakon tersebut dijual seharga 1,49 dollar AS di Windows Store.

Namun, tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana skema pembayaran di Windows Store dan berapa banyak aplikasi yang tersedia saat Windows 8 diluncurkan kelak.

Windows Store merupakan toko online yang dirancang khusus di Windows untuk aplikasi-aplikasi berbasis desain Metro style. Untuk menarik minat para pengembang software, beberapa waktu lalu Microsoft membagikan reference hardware berupa tablet buatan Samsung yang telah dilengkapi Windows 8 pre-development edition dan SDK (software development kit) untuk membuat aplikasi di Windows 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com