Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Februari, Kinect Siap Digunakan untuk Windows

Kompas.com - 10/01/2012, 21:24 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Microsoft memastikan bahwa Kinect akan tersedia untuk Windows PC mulai bulan depan. Perangkat dengan sensor gerak tersebut selama ini hanya resmi tersedia sebagai perangkat pendukung konsol game XBox meskipun banyak hacker yang telah merekayasa agar dapat dimanfaatkan di PC.

"Kinect akan hadir untuk Windows pada 1 Februari atau hanya dalam waktu beberapa minggu lagi," kata CEO Microsoft Steve Ballmer saat menyampaikan keynote di Consumer Electronics Show (CES) 2012, Senin (9/1/2011) malam di Las Vegas, AS.

Ia mengatakan, Kinect kini telah dikembangkan lebih luas agar dapat digunakan untuk aplikasi yang lebih luas tidak hanya sekadar bermain game. Ballmer meyakini Kinect akan merevolusi bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan sebagainya.

Untuk mendorong pemanfaatan Kinect di berbagai sektor, Microsoft telah menggandeng sejumlah perusahaan seperti United Health Group, Toyota, Telefonica, Mattel, American Express, Siemens, Unilever, dan lebih banyak lagi perusahaan lainnya.

Kerja sama tersebut untuk mengembangkan aplikasi Kinect di Windows untuk berbagai keperluan sesuai bidang industri.

Di bidang pendidikan, Microsoft mendemokan pemanfaatan Kinect untuk mendukung edukasi lewat tayangan Sesame Street. Dengan aplikasi Kinect, anak-anak tidak cuma menonton video Sesame Street, namun dapat berinteraksi dengan karakter di layar TV.

Misalnya seolah-olah melemparkan barang ke karakter di dalam TV. Dalam video yang dipresentasikan, Kinect juga dimanfaatkan untuk bermain musik secara virtual, belajar bongkar pasang mesin, membantu guru mengajar di kelas, dan berolahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com