BitTorrent Pun Latah Berbisnis "Awan"

Kompas.com - 11/01/2012, 12:12 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Penyedia layanan penyimpanan file berbasis cloud akan terus bertambah. Setelah AcerCloud, kini perusahaan yang mengelola protokol BitTorrent mengumumkan sedang menyiapkan aplikasi berbasis "awan".

Layanan tersebut adalah Share, yang digadang-gadang bersaing dengan DropBox, SkyDrive, Box.net, Insync, dan para pelaku bisnis cloud lainnya.

BitTorrent selama ini dikenal sebagai protokol sharing file berbasis peer to peer, yang memungkinkan pengguna komputer mendistribusikan data ke pengguna yang lainnya secara langsung melalui Internet.

Share memungkinkan pelanggan untuk berbagi file dengan jumlah kontak yang tidak terbatas. Share juga tidak membatasi ukuran file dan tanpa biaya bulanan ataupun tahunan.

Dengan penawaran ini, Share menjadi aplikasi awan yang selangkah lebih maju dibandingkan para pesaingnya, seperti Dropbox yang lebih dulu populer.

Share akan tersedia untuk pengguna komputer bersistem operasi Windows dan Mac.

Aplikasi awan bisa disebut sebagai aplikasi yang menggantikan fungsi flash disk sebagai media penyimpan data secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika pengguna meng-install aplikasi awan, secara otomatis aplikasi tersebut akan membuat folder khusus di komputer. Pengguna bisa menambah atau membuang file dalam folder tersebut.
 
Jika pengguna sedang bepergian dan membutuhkan file dalam folder aplikasi awan yang tersimpan di komputer, maka pengguna bisa mengakses atau mengunduh file tersebut melalui aplikasi awan dari perangkat mobile ataupun komputer. Cukup melakukan login dan file yang dibutuhkan bisa langsung diakses.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.