Lenovo K800, Ponsel Pertama Gunakan Prosesor Intel

Kompas.com - 11/01/2012, 17:23 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Intel menggandeng Lenovo untuk meluncurkan smartphone Android Lenovo K800. Ini menjadi perangkat mobile atau tepatnya smartphone pertama yang menggunakan prosesor dari Intel.

Sebelumnya, Intel lebih terkenal dengan prosesornya di perangkat komputer desktop atau laptop. Tergiur dengan bisnis chipset di ponsel dan tablet, Intel mulai tahun ini ikut berkecimpung dengan menyediakan prosesor untuk dua jenis perangkat tersebut.

K800 dipamerkan di ajang pameran elektronik paling bergensi di dunia, Consumer Electronics Show di Las Vegas, yang berlangsung sejak 10 sampai 13 Januari 2011. Prosesor yang disematkan di K800 adalah seri Atom Z2460 atau dijuluki Medfield, dengan clock speed 1.6GHz didukung teknologi Intel hyper Threading, manufaktur fabrikasi 32 nanometer.

Spesifikasi lainnya dari K800, memiliki layar 4,5 inci 1280x720 piksel dan kamera 8MP dengan kemampuan ISO hingga 3200. Untuk konektivitas, K800 didukung dengan bluetooth, Wi-Fi, dan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE).

Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread. Sistem operasi Android 2.3 pada K800 ini, mengalami banyak modifikasi. Menurut CEO Intel Paul Otellini, modifikasi itu dilakukan agar sistem operasi Android bisa berjalan baik di perangkat yang menggunakan prosesor Intel.

K800 pertama kali akan dipasarkan di China pada kuartal 2 tahun 2012 ini. Sayangnya, Lenovo tidak memberi informasi mengenai harga K800.

Dalam waktu dekat ini, prosesor Intel Medfield juga akan digunakan pada smartphone produksi Motorola dan LG. Langkah ini menjadi bukti keseriusan Intel menandingi ARM, Qualcomm dan NVIDIA yang selama ini mendominasi pasar prosesor untuk perangkat mobile, yaitu tablet dan smartphone.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X