Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tren

Angin Baru Dunia Fotografi Bernama Instagram

Kompas.com - 12/01/2012, 03:51 WIB
Oleh: Reza Fitriyanto
Kompasiana: rezafitriyanto
Tahukan anda tentang kamera Polaroid SX-70, Polaroid 600 atau kamera Holga dan sede­ratan kamera jadul-jadul tersebut ? Jenis-jenis kamera tersebut bukanlah kamera DSLR canggih masa kini atau SLR analog, melainkan kamera instan yang begitu rana kita tekan kertas foto langsung keluar dan gambar dapat dilihat setelah dikeringkan beberapa menit.
Pernahkah anda membayangkan memotret menggunakan kamera Holga dengan film Ektachrome yang kemudian dilakukan Cross-Processed saat memproses film untuk mendapatkan efek Lomo-Fi Filter. Menggunakan Holgaroid dengan film Polaroid 80 Chocolate untuk mendapat efek Sutro Filter atau Lomo LC-A+ dengan film Velvia 50 untuk mendapatkan efek X-Pro II Filter?
Bisa anda bayangkan sungguh bukan main repotnya! Namun saat ini hal itu dapat teratasi dengan adanya teknologi yang bernama Instagram. Sebuah teknologi yang sepuluh tahun lalu sangat sulit dibayangkan akan terwujud. Berbagai macam jenis kamera dan film dalam satu device kecil nan ringan bernama iPhone dengan aplikasi Instagram.
Instagram adalah sebuah aplikasi ponsel iPhone (juga di iPad dan iPod touch) yang bisa melakukan banyak model pemfilteran terhadap foto-foto dengan sangat mudah, hanya dengan satu sentuhan jari, sekaligus bisa membaginya kepada teman-teman yang sekarang bernama followers.
Begitu menariknya aplikasi ini, sehing­ga dalam 13 bulan saja lebih dari 13 juta orang di dunia menggunakannya dan berbagi kehidupannya, lewat gambar, kepada du­nia. Sebuah kegairahan yang luar biasa dengan lebih dari 150 juta foto telah di-upload sejak diluncurkannya aplikasi ini, 6 Oktober 2010.
Barangkali sensasinya hampir sama ketika Eastman Kodak menghadirkan Brownie di tahun 1900-an, yang begitu diminati dan membuat orang awam seketika jatuh cinta dengan fotografi.
Instagram bersama iPhone serasa memberikan suasana baru akan kecintaan terhadap dunia fotografi praktis. Menjadikan memotret dan foto sebagai sesuatu yang menye­nangkan sekaligus menghibur.
Selengkapnya: http://kom.ps/nAUT
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com