Kamera Saku Polaroid Pakai Android Gingerbread

Kompas.com - 12/01/2012, 15:53 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini sistem operasi Android digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, sehingga membuat perangkat tersebut mendapat predikat 'pintar.' Dan kali ini, ada sebuah kamera saku yang berjalan dengan OS Android, sehingga membuat kamera tersebut patut dijuluki kamera pintar.

Perusahaan kamera Polaroid membuat kejutan dengan memamerkan kamera Polaroid SC1630 yang berjalan dengan sistem operasi Android, saat pameran elektronik Consumer Electronics Show 2012 di Las Vegas, AS. Langkah ini menjadikan SC1630 sebagai kamera pertama di dunia yang menggunakan sistem operasi Android.

Polaroid mengklaim, SC1630 merupakan kamera saku yang pintar. Selain untuk menangkap gambar, kamera ini dapat mengunggah foto atau video ke jejaring sosial dan mengunduh aplikasi dari Android Market. Ini berkat  adanya fitur akses internet via WiFi di kamera digital Android ini.

Jika dilihat sepintas, SC1630 mirip sekali dengan smartphone, terlebih ketika lensanya berada sejajar dengan panel belakang. Kamera ini memiliki layar sentuh seluas 3,2 inci, antarmukanya pun tidak seperti antarmuka kamera digital pada umumnya, karena SC1630 berjalan dengan OS Android versi 2.3 (Gingerbread).

Dari sisi hardware-nya, SC1630 dibekali dengan sensor 16MP, lensanya berukuran 36-108mm dengan image prosesor Sunny9P, serta 1/2.33-inch CCD image sensor dan kemampuan zoom 3x optical zoom.

Kecepatan shutter maksimum mencapai 1/1400, ISO maksimum 3.200, dan difasilitasi dengan 18 mode pemotretan. Kapasitas memori eksternalnya mendukung untuk penggunaan 32 Gb microSD.

Menu unggulan lainnya adalah Smart Album, yang memungkinkan penggunanya menyimpan foto-foto berdasarkan subjek, lokasi, dan tanggal. Uniknya, pencatatan lokasi dapat dilakukan menggunakan aplikasi geotagging.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, Polaroid tidak melansir informasi mengenai daya tahan baterai. Mengingat perangkat yang memiliki predikat pintar, pasti boros dalam hal konsumsi baterai.

Rencananya, Polaroid SC 1630 akan mulai dipasarkan tahun 2012 ini. Namun, Polaroid enggan membocorkan informasi mengenai tanggal rilis dan harganya.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X