Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Sukses Ambil Keuntungan dari Android

Kompas.com - 13/01/2012, 19:57 WIB

KOMPAS.com - Microsoft dan LG telah menandatangani kesepakatan lisensi paten mencakup tablet, ponsel pintar, dan perangkat lain yang diproduksi LG, yang berjalan di sistem operasi Android dan Chrome. Kerja sama ini mewajibkan LG untuk membayar atas digunakannya paten milik Microsoft di perangkat Android buatan LG.

"Kerja sama dengan LG menunjukkan bahwa 70 persen ponsel Android yang terjual di Amerika Serikat, saat ini berada di bawah lisensi Microsoft," jelas Horacio Gutierrez, Vice President Intellectual Property Group Microsoft. "Kami sangat bangga bisa melanjutkan kesuksesan program menyelesaikan masalah Intelectual Property terkait sistem operasi Android dan Chrome," tambahnya.

Sejak Microsoft mengumumkan program Lisensi Intelectual Property pada Desember 2003, tercatat 1.100 perjanjian lisensi telah dilakukan dan diumumkan.

Selain LG, sebelumnya Microsoft juga telah menandatangani kesepakatan dengan berbagai perusahaan termasuk HTC, Samsung, Suanta, Wistron, dan Copal Electronics. Hanya Motorola Mobility yang belum berhasil didekati Microsoft dan bahkan lisensinya lerlanjur diborong Google.

Meski rincian perjanjian tidak diumumkan, namun kerja sama ini membuat LG harus membayar royalti paten kepada Microsoft untuk gadget yang menggunakan sistem operasi Android dan Chrome.

Analis Goldman Sachs bahkan memprediksi bahwa Microsoft mendapatkan 444 juta dollar AS dari lisensi Android sepanjang tahun 2011.  Total produsen yang telah melakukan kesepakatan dengan Microsoft hingga tahun ini adalah 11 perusahaan.

Di luar kerja sama Android, Microsoft telah menguasai paten Nokia untuk penggunaan ponsel pintar berbasis Windows Phone. Total paten yang telah dimiliki Microsoft untuk ponsel pintar berjumlah 78.555 paten, jauh di atas Google yang hanya memiliki 26.726 paten. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com