Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Review

Arc Touch, Paling Pas untuk Pengguna Ultrabook

Kompas.com - 16/01/2012, 11:47 WIB

Aditya Panji Rahmanto KOMPAS.comArc Touch mouse dari Microsoft

KOMPAS.com - Microsoft beberapa waktu lalu meluncurkan 3 varian mouse multi sentuh dari keluarga Touch Series, yakni Touch Mouse, Explorer Touch Mouse dan Arc Touch Mouse.

Kompas.com telah melakukan review untuk produk Touch Mouse, yang diklaim Microsoft sebagai mouse paling mutakhir dari ketiga mouse Touch Series lainnya. Kali ini, Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal kembali produk Arc Touch, mouse dengan desain paling futuristik. Berikut pembahasannya.

DSC02975

 

Desain
Arc Touch terbilang unik jika dilihat dari sisi desain. Mouse ini bisa dibentuk dalam 2 posisi. Pertama, dalam posisi lurus ketika sedang tidak digunakan. DSC02964

Kedua, posisi melengkung ketika ingin digunakan sehingga mouse dapat menopang telapak tangan.

DSC02966

Setengah permukaan mouse, dari bagian tengah hingga ke belakang, diselimuti bahan karet berwarna hitam. Sedangkan permukaan bagian tengah hingga ke depan, diselimuti dengan bahan plastik berwarna hitam glossy.

Di antara tombol klik kanan dan klik kiri, tidak akan ditemui scroll berbentuk bulat (scroll wheel), seperti yang biasa kita temui di sebuah mouse. Peran scroll wheel ini digantikan dengan scroll sensor yang diberi warna silver.

Persis di belakang scroll sensor, ada lampu indikator berwarna hijau apabila baterai di dalam mouse masih berada dalam kondisi prima.

Di bagian bawah Arc Touch, terdapat lampu LED berwarna biru dan tersedia tempat untuk meletakkan sepasang baterai AAA.

DSC02977

Tidak seperti mouse nirkabel pada umumnya, Arc Touch tidak menyediakan tempat khusus untuk menyimpan transceiver. Namun tak perlu khawatir, karena Microsoft telah membenamkan medan magnet pada bagian bawah mouse yang diselimuti karet.

Transceiver bisa ditempelkan di bagian yang mengandung magnet tersebut. Tak perlu khawatir transceiver akan jatuh karena barang mungil itu menempel cukup kuat.

DSC02980

Fitur
Instalasi Arc Touch ini adalah plug and play, jadi Anda cukup menancapkan transceiver ke port USB di komputer maka mouse sudah siap digunakan. Cara menyalakan mouse ini juga bisa dibilang unik, Arc Touch harus berada dalam posisi melengkung. Caranya,  bagian belakang mouse ditekan ke bawah sampai terdengar bunyi "klik", ini menandakan bahwa Arc Touch sudah menyala.

Fitur inovatif dari Arc Touch adalah scroll sensor. Gerakan jari Anda di Sensor ini jika ingin melakukan scrolling. Sensor ini memberi sensasi baru dalam bernavigasi, ada efek getaran dan suara scroll yang bergulir setiap kali Anda melakukan scrolling. Anda seperti sedang merasakan scroll wheel secara fisik, padahal ini adalah scroll sensor.

Halaman:
Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com