Apple Tuding 10 Ponsel Samsung Galaxy Contek iPhone

Kompas.com - 18/01/2012, 11:24 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apple kembali menggugat Samsung di pengadilan distrik Dusseldorf, Jerman. Kali ini, Apple akan mengajukan gugatan kepada Samsung terkait 10 model smartphone dari keluarga Galaxy.

Hal ini diungkapkan Peter Schtz, juru bicara pengadilan distrik Dusseldorf, seperti dikutip dari Computer World, Selasa (17/1/2012). Sayangnya, ia tak memberi informasi rinci tentang 10 seri smartphone Galaxy yang akan digugat Apple. Schtz hanya mengatakan, Apple mengklaim bahwa 10 produk tersebut terlihat sangat mirip dengan iPhone.

Pengadilan Jerman sempat menghentikan penjualan tablet Samsung Galaxy Tab 10.1 inci pada September 2011 lalu karena Apple mengklaim produk tersebut melanggar hak paten desain, tampilan, dan nuansa iPad.

Untuk menghindari putusan itu, Samsung melakukan beberapa modifikasi tampilan tablet, lalu produk modifikasi tersebut diberi nama Galaxy Tab 10.1N (ditambahkan huruf 'N' di belakangnya).

Apple tak juga puas. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini mengajukan mosi untuk memblokir Galaxy Tab 10.1N. Namun, pada Desember 2011, hakim mengeluarkan putusan awal bahwa Galaxy Tab 10.1N ini tidak melanggar desain hak paten Apple di Eropa.

Persidangan kasus smartphone Apple vs Samsung akan digelar lagi sebelum bulan Agustus 2012. Sementara itu, kasus tablet akan dilanjutkan pada bulan September.

Di Australia, Galaxy Tab 10.1 sempat diblokir sejak Juli 2011. Samsung sudah dua kali menunda pengenalan Galaxy Tab 10.1 karena Apple. Namun, mendekati momen Natal 2011, pengadilan Australia menghentikan larangan penjualan Galaxy Tab 10.1.

Sementara itu di negara asalnya (AS), Apple tidak berhasil menghadang penjualan Samsung.

Samsung bukan satu-satunya vendor smartphone Android yang berseteru dengan Apple terkait hak paten. HTC dan Motorola juga diserang oleh Apple melalui Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat atau International Trade Commission (ITC).

Pada Desember 2011 lalu, ITC telah memutuskan bahwa HTC melanggar satu teknologi hak paten milik Apple. Jika HTC tak segera mencopot teknologi tersebut, maka mulai 19 April 2012, HTC dilarang mengimpor produknya ke AS.

Untuk kasus Motorola vs Apple, keputusan awal ITC menyatakan bahwa beberapa smartphone buatan Motorola tidak melanggar tiga hak paten Apple. Namun, Motorola belum bisa merasa lega sepenuhnya karena ini masih keputusan awal. Keputusan finalnya masih akan ditentukan oleh Komisi yang terdiri dari enam orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.