Wikipedia Bahasa Inggris Mulai Dimatikan

Kompas.com - 18/01/2012, 12:18 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com Wikipedia tidak omong kosong memprotes undang-undang anti-pembajakan baru di AS. Versi bahasa Inggris situs itu telah dimatikan.

Blackout itu akan digelar selama 24 jam oleh Wikipedia. Mereka yang berusaha mengakses Wikipedia bahasa Inggris awalnya akan melihat halaman yang diinginkan, tetapi sekejap kemudian halaman itu ditutupi halaman hitam.

Sebuah teks muncul di halaman hitam tersebut. Begini bunyinya:

Imagine a World Without Free Knowledge

For over a decade, we have spent millions of hours building the largest encyclopedia in human history. Right now, the U.S. Congress is considering legislation that could fatally damage the free and open internet. For 24 hours, to raise awareness, we are blacking out Wikipedia.

Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas

Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan sebuah perundangan yang bisa berakibat fatal pada kebebasan dan keterbukaan dalam internet. Selama 24 jam, demi meningkatkan kesadaran akan isu ini, kami menggelapkan Wikipedia.

Akankah protes dari Wikipedia, yang juga dilakukan beberapa situs di AS, memiliki dampak besar?

 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X