Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Ditutup, Konten Wikipedia Tetap Bisa Diakses

Kompas.com - 18/01/2012, 15:50 WIB

Oleh: Valentino, Kompasiana*

KOMPAS.com - Saat tulisan ini dibuat, Wikipedia.org (bahasa Inggris-red) dan wordpress.com/.org  benar-benar telah membuktikan ancamanya dengan melakukan “blacking out” situsnya untuk menolak dan melawan Online Piracy Act (SOPA) dan  the Protest Intellectual Property Act (PIPA)

Pada semua halaman Wikipedia bahasa Inggris, Anda dapat melihat tampilan seperi gambar di atas. Dengan pesan yang berbunyi  “Selama lebih dari satu dekade, kita telah menghabiskan jutaan jam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Kongres AS sedang mempertimbangkan undang-undang yang fatal (dan) dapat merusak internet gratis dan terbuka”

Sedangkan Wordpress melakukan “blacking out”  terhadap dua domain sekaligus, yaitu Wordress.com  dan Wordpress.org. Pada halaman depan Wordpress.org terlihat seperti gambar dibawah ini dengan isi pesan yang berbunyi

“Banyak situs web dalam keadan “blacked” hari ini untuk memprotes undang-undang yang diusulkan AS yang mengancam kebebasan internet: the Stop Internet Piracy Act (SOPA) and the Protect IP Act (PIPA). Dari blog pribadi ke Wikipedia, situs di seluruh web - termasuk yang satu ini - meminta Anda untuk membantu menghentikan undang-undang berbahaya ini …” 

13268677121692541821

Screenshot Wordpress.org - 13:10 WIB 18/01/2012 

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com