SOPA "Blackout Day" Kuasai "Trending Topic" Twitter

Kompas.com - 18/01/2012, 21:13 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Hari ini, perusahaan-perusahaan teknologi di Amerika Serikat melakukan aksi tolak rancangan undang-undang anti-pembajakan atau stop online piracy act (SOPA), dengan nama SOPA Blackout Day. Aksi ini membuat 10 website memutuskan tutup bersama, dan di halaman awal masing-masing tertulis dengan jelas, sikap perusahaan-perusahaan ini terhadap UU AS tersebut. Aksi paling keras ditunjukkan oleh Wikipedia dan Google. Aksi keduanya membuat pembahasan tentang SOPA menguasai tiga Trending Topic hari ini.

Beberapa trending topics yang bertengger di Twitter membahas SOPA di antaranya #stopSOPA, End Piracy, Not Liberty, dan Imagine A World Without Free Knowledge. Kata-kata End Piracy Not Liberty adalah kata-kata yang dikeluarkan Google dalam aksi protes di website-nya. Sedangkan kata-kata Imagine A World Without Free Knowledge adalah kata-kata yang diusung Wikipedia  dalam pernyataan di website-nya

Jika Anda membuka halaman awal Google.com, di bawah mesin pencari akan ada link bertuliskan "Tell Congress: Please Don't Cencor The Web”. Jika anda klik link tersebut, maka Anda akan masuk ke halaman pernyataan protes Google terhadap UU AS tersebut.

Tak hanya menunjukkan sikap protes, di halaman tersebut, Google menyertakan pengetahuan seputar SOPA dan PIPA, serta menyertakan nama-nama perusahaan teknologi, disertai link untuk mendownload pernyataan mereka masing-masing dalam format PDF. Terdapat 67 perusahaan dan komunitas yang menyertakan pernyataan sikapnya dalam format PDF yang diunggah Google di halaman tersebut.

Ada pula kutipan-kutipan pernyataan yang sengaja ditonjolkan Google seperti dalam tulisan berikut :

"We are proud to be part of an industry that has been crucial to U.S. economic growth and job creation… We urge you not to risk either this success or the tremendous benefits the Internet has brought to hundreds of millions of Americans and people around the world."

Google, Facebook, Twitter, eBay, Zynga, LinkedIn, Mozilla, AOL, Yahoo!

Sedangkan Wikipedia, langsung melakukan posting seputar pengetahuan mengenai SOPA dan PIPA di halaman berikut. Halaman ini bisa diakses dari halaman awal Wikipedia yang sedang ditutup selama aksi protes berlangsung. Dalam postingan baru ini, Wikipedia juga menyebutkan, bahwa berdasarkan data per tanggal 18 Januari 2012, Google mendeteksi 3.740 artikel yang membahas tentang SOPA dari seluruh dunia. Wikipedia menyertakan link beberapa di antaranya yakni artikel dari National Post, BBC, Al Jazeera, Los Angeles Time, BusinessWeek, Politico, MSNBC, Guardian, New Statesman, CNN, Hindustan Time, dan CBS News.

Hingga berita ini ditulis, Trending Topic Dunia di Twitter dengan tiga kalimat kunci tersebut perlahan terus naik ke peringkat teratas, dari awal kemunculannya yang hanya menduduki posisi sepuluh, tujuh, dan tiga, dari 10 Trending Topic Dunia yang disediakan Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.