Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada 2012, Kinerja Intel Melesat

Kompas.com - 20/01/2012, 21:27 WIB

PALO ALTO, KOMPAS.com - Kinerja Intel pada 2011 lalu luar biasa. Produsen prosesor ini berhasil membukukan pendapatan dan keuntungan lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya kendati terimbas banjir besar di Thailand.

Intel melaporkan, pendapatannya melonjak 24 persen menjadi 54 miliar dollar AS selama 2011. Sedangkan, laba bersihnya naik sebesar 12,9 persen menjadi 12,9 miliar dollar AS. Dengan kinerja ini, laba bersih per saham Intel naik sebesar 19 persen menjadi 2,39 dollar AS.

Pendapatan Intel melonjak setelah mengakuisisi McAfee and Infineon. Bila dihitung tanpa akuisisi tersebut, pendapatan perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California ini hanya naik sebesar 15,6 persen.

Kinerja Intel sendiri sempat menurun pada kuartal keempat akibat banjir besar yang melanda Thailand. Pada periode September hingga Desember 2011 itu, laba bersih Intel hanya naik sebesar 6 persen menjadi 3,4 miliar dollar AS.

Pada 2012 ini, Intel optimis kinerjanya bakal semakin kinclong. Direktur Utama Intel Paul Otellini berharap permintaan semakin besar dari pasar laptop baru. "Kami melihat rekor baru dalam penjualan mikroprosesor unit pada 2011 lalu," katanya, Kamis (19/1/2012).

Pada kuartal pertama 2012, Intel yakin bisa mematahkan prediksi para analis. Analis yang disurvei oleh Bloomberg memprediksikan, pendapatan Intel sebesar 12,8 miliar dollar AS.(Kontan/Edy Can)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com