Nokia Bakal Hentikan Symbian Lebih Awal?

Kompas.com - 21/01/2012, 14:28 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Nokia pernah (dan masih) begitu identik dengan sistem operasi Symbian. Namun ada indikasi Symbian akan "dibunuh" lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Indikasi itu muncul dalam wawancara Stephen Elop, CEO Nokia, dengan TechRadar. Elop mengaku telah menerima kenyataan bahwa Symbian telah mengalami penurunan pangsa pasar terbesar sepanjang sejarahnya, terutama di pasar Amerika Serikat dan Inggris.

Pihak Nokia pun juga sudah sadar bahwa Symbian saat ini mengalami masa sulit akibat tantangan dari OS yang lain seperti Android, iOS dan lainnya.

"Kami memilih platform alternatif karena terjadi penurunan signifikan di pasar Symbian," jelasnya.

Saat ini Nokia berencana untuk sepenuhnya beralih dari Symbian ke Windows Phone untuk smartphone-nya. IDC pun telah memprediksi Symbian akan hilang pada 2015.

Memang  Elop tidak secara tegas menyatakan bahwa Symbian sudah mau dimatikan. Hanya saja ia terkesan lebih legowo melepas sistem operasi tersebut.

Di masa transisi ini, smartphone Nokia "terpecah" antara Symbian dan MeeGo. Agaknya, tak lama lagi Windows Phone bakal jadi satu-satunya platform pilihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Nokia masih memiliki platform ponsel kelas menengah dan bawah seperti S40 dan S30. Platform S40 sering disebut sebagai platform yang paling banyak digunakan di dunia.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X