Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Gempa Bumi

Gempa 5,1 SR Terjadi di Jember

Kompas.com - 23/01/2012, 13:17 WIB
Agnes Swetta Br. Pandia,
Siwi Yunita Cahyaningrum

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter terjadi di kawasan pantai selatan Jember, Senin (23/1/2012) pukul 11.16.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi dan Geofisika, pusat gempa berada di 9,76 Lintang Selatan dan 113,31 Bujur Timur atau 177 km barat daya Jember di Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Meski terjadi gempa, masyarakat di sekitar Jember tidak merasakan guncangannya. Imron (35), salah satu warga yang saat itu berada di Pantai Puger, mengatakan tak merasakan guncangan sedikitpun.

Menurut Imron yang dihubungi lewat telepon, kondisi sekitar pantai juga normal, tak ada tanda-tanda kerusakan.

Di Pantai Pancer, Banyuwangi, yang juga berdekatan dengan Jember, getaran gempa tak dirasakan. Subri, nelayan dan sesepuh warga setempat, mengatakan, biasanya warga akan langsung waspada jika mereka merasakan gempa.

"Sampai saat ini warga masih beraktivitas seperti biasa. Gempa kali ini tak berpengaruh besar karena hampir tak terasa," katanya.

Arum Sabil, petani gula di Jember, juga mengaku tidak merasakan gempa. "Semua yang sedang bekerja di lahan tebu juga tenang dan sama sekali tidak tahu kalau ada gempa, katanya. Bahkan, anggota keluarganya juga tidak merasakan guncangan gempa saat itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com