Ketika Wayang dan Batik Susupi Angry Birds

Kompas.com - 25/01/2012, 16:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Wayang, batik dan Bali. Tiga hal itu barangkali yang paling dikenal dari Indonesia di mata dunia. Apa yang terjadi jika ketiganya masuk dalam game populer Angry Birds?

Pertanyaan itu membayangi peluncuran Nokia Asha 300 yang turut menghadirkan Chief Marketing Officer Rovio, Peter Vesterbacka.

Dalam event yang digelar di Kempinski, Jakarta, Rabu (25/1/2012), unsur wayang dan batik memang muncul. Yaitu melalui hadirnya pemenang lomba kostum yang digelar Nokia dalam Angry Birds Playground di Cilandak, Senin (23/1/2012).

Pemenang pertama dan kedua, menampilkan perpaduan Angry Birds dan wayang. Sedangkan pemenang ketiga menampilkan kostum Angry Birds dengan aksen batik dan tulisan I Love Indonesia di punggungnya.

Tapi bagaimana dengan di game Angry Birds? Peter mengatakan, memang unsur batik dan Bali adalah dua hal pertama yang muncul saat memikirkan Indonesia. Ia juga pernah bertemu beberapa orang yang mengusulkan hadirnya Garuda di game itu.

Kami mengerti (keinginan) itu, tapi kami ingin menyelami lebih dalam, apa saja yang bisa digali dari Indonesia," ujar Peter.

Itulah mengapa Rovio bersama Nokia kemudian menggelar kompetisi ide. Nantinya dari ide itu diharapkan bisa hadir varian Angry Birds yang "Indonesia Banget".

Ashwin Sasongko, Dirjen Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengaku senang dengan upaya seperti itu.

Ia pun berharap,  para pengembang aplikasi lokal bisa belajar banyak dari Rovio. "Sehingga nantinya ikut memajukan industri di Indonesia," ujarnya.

Senada dengan Ashwin, Edi Taslim, Vice Director Kompas Cyber Media mengatakan aplikasi buatan Indonesia harusnya bisa dinikmati juga di tingkat global.

"Saya yakin developer Indonesia bisa mengembangkan aplikasi yang mendunia. Kita harus lahirkan pengembang sekelas Rovio di sini," tukasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.