Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Twitter Cemburu Google Plus Dimanja

Kompas.com - 25/01/2012, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Langkah Google yang menganakemaskan Google+ di mesin pencari Google membuat Facebook, Twitter, dan MySpace, bersatu untuk menciptakan sebuah "senjata" untuk menangkalnya.

Alat itu diberi nama "Don't be evil". Nama ini diadopsi dari moto dari Google sendiri. Sejatinya, "Don't be evil" merupakan add-on (alat bantu) untuk memunculkan hasil pencarian yang lebih objektif terkait situs jejaring sosial yang ada di dunia.
 
Awal Januari 2012 lalu, Google telah melakukan update sistem pencarian yang dijuluki "Search, plus Your World" (SPYW), Di dalamnya terdapat fitur Personal Results, yang dapat memperlihatkan hasil pencarian lebih personal bagi penggunanya.
 
Jika Anda melakukan pencarian dengan Google, maka di sisi kanan halaman akan muncul beberapa link yang relevan dari Google+. Namun, Google tidak menampilkan link dari jejaring sosial lain.
 
Tindakan Google ini dinilai tidak fair oleh Facebook, Twitter dan MySpace, karena Google+ berada di barisan depan hasil pencarian.
 
Atas dasar itulah, para programmer dari ketiga jejaring sosial membuat add-on "Don't be evil". Protes ini sekaligus memperingatkan Google agar lebih fokus melayani apa yang dicari pengguna, bukan malah memromosikan produknya.
 
Untuk mendapatkan "Don't be evil", Anda harus mengunjungi situs focusontheuser.org yang dirancang khusus oleh programmer dari tiga jejaring sosial.
 
Sayangnya, Don't be evil belum bekerja maksimal untuk hasil pencarian di Indonesia. Karena, Google sendiri belum merilis layanan SPYW di Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com