"Novel Suara" dari Kumpulan Status di Facebook

Kompas.com - 26/01/2012, 16:31 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Penulis asal Hungaria, Gergely Teglasy mengklaim menjadi penulis novel Facebook pertama di dunia. Namun, Teglasy bukan menerbitkan sebuah novel bertema Facebook, tetapi hanya menulis novel yang isinya berasal dari "update status" yang dilakukannya hampir setiap hari.

Seperti dikutip dari The Next Web, Teglasy menulis novel berjudul "Zwirbler". Kata tersebut berasal dari bahasa Jerman yang artinya memutar. Novel tersebut hanya ada di Facebook dan bisa dinikmati melalui format podcast.

Pengguna internet yang ingin membaca tulisan novel tersebut memang harus menjadi teman di akun Facebook "Zwirbler". Uniknya, pengguna internet yang berusia 17 tahun ke atas juga bisa mengubah jalan cerita dengan memberikan komentar atas update status yang dilakukan oleh Teglasy.

Sayangnya, novel yang ditulis ini hanya memakai bahasa Jerman. Jika kita tidak mengerti bahasa Jerman, maka kita tidak akan tahu tentang apa yang ditulis Teglasy tersebut.

Teglasy kini bermukim di Wina Austria dan mulai meluncurkan proyek ini sejak Juli 2010.

Menariknya, novel karangan Teglasy ini bakal ditampilkan dalam sebuah layar televisi di berbagai universitas di Austria.

Metode penyampaian novel ini merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan UniScreen, perusahaan yang memproduksi layar televisi di area sekitar kampus di Austria.

Tidak hanya menyajikan novel Zwirbler, UniScreen juga bakal menyiarkan berita lokal dan informasi lainnya di sekitar wilayah Austria. Harapannya, Zwirbler mampu menjadi karangan sastra abad 21 yang layak diapresiasi.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X