Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Akui Adanya Produk "Kanibal"

Kompas.com - 26/01/2012, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan laporan keuangan Apple tahun 2011, pada Rabu (25/1/2012) lalu, CEO Apple Tim Cook mengakui bahwa ada kanibalisasi di antara produk Apple.
 
Cook mengatakan, lambat laun iPad telah menggerogoti pangsa pasar komputer Mac. "Namun kami yakin, ada kanibalisasi yang lebih besar pada komputer pribadi Windows oleh iPad. Kami suka tren semacam ini," tegas Cook.
 
Hal yang sama juga terjadi pada perangkat mobile Apple, di mana iPhone telah memakan pangsa pasar iPod.
 
Hal ini terbukti dari laporan penjualan tahun 2011, di mana terjadi penurunan penjualan iPod sebesar 21% menjadi 15,43 juta unit. Sedangkan penjualan iPhone melonjak mencapai 37,04 juta unit, atau tumbuh 128% dibandingkan tahun lalu.
 
Penjualan Mac pun lebih kecil dibandingkan iPad. Apple berhasil menjual 15,43 juta unit iPad, atau naik 111% dibandingkan tahun 2010. Sedangkan Mac hanya terjual 5,2 juta unit, meskipun masih mengalami kenaikan 26% dibanding tahun lalu.
 
Penjualan Mac memang tergolong kecil, karena Mac mencakup tiga produk yang mempunyai harga yang cukup mahal, yakni komputer desktop iMac, serta laptop MacBook Pro, dan MacBook Air. Sayangnya, Apple tidak memberi data rinci penjualan ketiga produk itu.
 
Jadi, bisa dibilang produk Mac tidak digerogoti oleh iPad. Oleh karena itu belum diketahui secara pasti produk komputer apa yang dikanibalisasi oleh iPad. Kemungkinan penyataan Tim Cook di atas, yang menyebutkan iPad justru menggerogoti komputer Windows, adalah benar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com