Mengapa Baru Sekarang iPhone 4S Dirilis di Indonesia?

Kompas.com - 27/01/2012, 16:30 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan yang rendah dan belum terbiasanya konsumen di tanah air dengan ekosistem yang dimiliki Apple menjadi alasan Indonesia selalu mendapat kesempatan terakhir dalam setiap peluncuran produk Apple.

Ini kembali terjadi untuk produk Apple terbaru, iPhone 4S yang dirilis pertama kali pada bulan Oktober 2011. Saat negara-negara lain sudah kebagian sejak beberapa bulan yang lalu, Indonesia baru kebagian hari ini (27/1/2012).

Vice President Channel Management Telkomsel, Gideon Edie Purnomo menyatakan keterlambatan peluncuran produk Apple di tanah air terutama disebabkan oleh kebijakan dan prioritas pihak Apple pusat.

Kebijakan tersebut terkait kesiapan ekosistem penggunanya dalam menerima teknologi Apple secara keseluruhan.

Hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan perangkat ponsel tanpa layanan tambahan, seperti yang dilakukan oleh Apple dengan layanan tambahan seperti iTunes dan Apple App Store.

Apple pun juga tidak akan meluncurkan produk dengan terburu-buru karena harus mensinergikan ekosistem masyarakat setempat dengan teknologi yang dibenamkan di Apple. Misalnya saja, teknologi Siri yang hanya dibenamkan di iPhone 4S.

Jika pengguna belum terbiasa dengan lafal bahasa Inggris Amerika Serikat maupun Inggrish British, maka fitur Siri pun tidak dapat merekam perintah yang diinginkan.

"Masyarakat kita biasanya cuma suka dengan layanan telepon dan pesan singkat (SMS). Kalau ditawarkan produk iPhone, masyarakat pasti menganggap harganya mahal," kata Gideon selepas peluncuran iPhone 4S di Jakarta, Jumat (27/1/2012).

Hal itu beda dengan masyarakat Singapura yang sudah teredukasi tentang produk dan layanan Apple, khususnya iPhone. Sehingga saat ada peluncuran produk Apple, dipastikan Singapura mendapat urutan terdepan untuk pasar Asia.

Begitu juga dengan negara China yang mendapat kesempatan peluncuran pertama kali produk iPhone 4S untuk wilayah Asia, meski acara peluncuran pada 13 Januari 2012 lalu dibatalkan karena ada beberapa toko yang berniat menjual iPhone 4S ternyata belum siap.

Untuk bisa seperti negara tetangga dan bisa mencicipi peluncuran perdana produk Apple, masyarakat Indonesia harus mendapat edukasi tentang layanan Apple, baik iTunes, App Store hingga iCloud.

Selain itu tingkat keingintahuan (awareness) masyarakat Indonesia terhadap dunia e-commerce juga tidak setinggi negara tetangga yang sudah maju.

"Biasanya Apple selalu mendahulukan negara dengan tingkat awareness produk dan layanan Apple termasuk dunia e-commerce yang sudah tinggi untuk peluncuran produknya," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.