Pakai Teknologi Motorola di iCloud, Apple Digugat

Kompas.com - 27/01/2012, 17:19 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perang hak paten antara Apple dan beberapa produsen ponsel Android semakin memanas. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Apple menggugat Motorola atas pelanggaran hak paten.

Alih-alih bertahan atas gugatan tersebut, Motorola justru menantang dengan menggugat balik Apple.

Tuntutan Motorola ini diajukan di Pengadilan Federal Florida, Amerika Serikat, Rabu (25/1/2012).  Motorola mengajukan gugatan kepada Apple terkait enam hak paten, antara lain atas penggunaan antena nirkabel, perangkat lunak, fitur data filtering, dan pesan.

Motorola mengklaim, produk iPhone dan layanan komputasi awan iCloud dari Apple telah mencontek teknologi Motorola.

Sampai sekarang, juru bicara Apple enggan mengomentari tuntutan Motorola ini.

Sebelumnya, bulan Oktober 2010, Apple mengajukan gugatan atas beberapa produk smartphone Motorola, yang disebut Apple telah melanggar tiga paten multi-touch, atau cara bernavigasi dengan jari di layar, seperti mengetuk, menggeser, dan mencubit.

Awal Januari lalu, Komisi Perdagangan Internasional AS atau International Trade Commission (ITC) telah mengeluarkan putusan awal bahwa Motorola tidak melanggar hak paten Apple. Motorola belum bisa merasa lega karena putusan akhirnya belum ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.