Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja iPad Dieksploitasi, Konsumen Apple Bereaksi

Kompas.com - 29/01/2012, 12:11 WIB


KOMPAS.com - Berita tentang pekerja pabrik iPad di China yang mengalami perlakukan tidak layak, dipublikasikan oleh New York Times. Tulisan ini kembali memicu perbincangan di publik AS mengenai kondisi pekerja pabrik yang memprihatinkan. Di sisi lain, gadget iPad, iPhone dan lainnya begitu diminati.

Saat ditemui di acara MacWorld atau iWorld Show di San Francisco, ada sejumlah konsumen yang menganggap berita tersebut wajar saja. "Banyak perusahaan yang membuat barang-barang mereka di tempat lain untuk menghemat pengeluaran," ujar Steve Hathaway, pengunjung dari Hercules, California.

Hathaway ditanyakan apakah ia mau membayar lebih jika produksi gadget Apple dilakukan di fasilitas yang lebih layak. Ia berpendapat, harga Apple sudah cukup premium, artinya perusahaan itu yang harus bertanggungjawab.

Victor Cajiao, pengelola Typicalmacuser.com berpendapat bahwa lama-kelamaan cara berpikir konsumen Apple akan berubah. Apple bukanlah satu-satunya perusahaan yang berbenturan dengan tantangan kondisi pekerja. "Kasus ini bisa membuka mata orang tentang apa yang ada di balik sebuah produk teknologi," jelasnya.

Banyak Petisi Bermunculan

Dari website petisi, Change.org, sudah ditemukan setidaknya 10 petisi terkait hubungan antara Apple dengan pekerjanya di pabrik pembuatan Apple. Satu petisi sudah dimulai sejak awal tahun lalu, meminta Apple mengakhiri "perbudakan" di pabriknya. Lebih dari 500 orang menandatangi petisi ini.

Petisi kedua, dimulai pada pertengahan 2011, yang berisi kata-kata : "Dear Apple, No factory workers should die making our iPad" (tidak boleh ada pekerja pabrikyang harus mati dibalik pembuatan iPad kami). Petisi ini ditandatangani oleh 190 orang.

Kemudian sebuah petisi lainnya yang meminta pengguna berhenti menggunakan produk Apple yang diproduksi di China telah ditandatangi 1000 orang. Petisi lainnya muncul minggu ini, meminta Apple untuk melindungi pekerja di Cina.

Pembuat petisi tersebut, Mark Shields, merupakan konsultan komunikasi yang mendengarkan cerita tentang kondisi pekerja di pabrik pemasok Apple dari sebuah acara Radio "This American Life".

Ironisnya, tutur Shields, ia mendengarkan siaran radio tersebut saat menggunakan laptop Apple dengan router Wi-Fi Apple AirPort. "Saya berharap mereka dapat berbuat lebih baik, saya yakin mereka dapat berbuat lebih baik," ujarnya. Petisi shields telah ditandatangani oleh 23 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com