Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Beli Paten RealNetworks untuk Ultrabook dan Smartphone

Kompas.com - 31/01/2012, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Intel membeli paten video dan perangkat lunak dari RealNetworks seharga 120 juta dollar AS.

Hal ini dilakukan Intel untuk "mengamankan" intelektual properti, sebelum mereka membangun sistem encode dan decode video yang melengkapi fitur multimedia di Ultrabook dan smartphone.

Realnetworks menjual 190 paten kepada Intel, plus 170 paten aplikasi, dan teknologi encoding untuk video.

Produk Intel generasi selanjutnya akan memiliki codec Realnetworks seperti Codec H 264 atau Google VP8 untuk digunakan pada video conference, game, dan fitur-fitur hiburan lainnya.

"Kami percaya kesepakatan pembelian paten ini menambah pengalaman kami dalam membuat solusi inovatif untuk pengguna dalam beragam perangkat, termasuk Ultrabook, ponsel pintar, dan media digital," ungkap Renee James, General Manager, Software and Services Group, Intel.

Melihat perang paten yang terjadi antara perusahaan teknologi saat ini dan melihat kompetisi dengan produsen ponsel Android lainnya, menyelamatkan paten merupakan hal yang penting bagi Intel.

Thomas Nielsen, Chief Executive Realnetwork mengatakan, kesepakatan pembelian paten oleh Intel ini meningkatkan investasi di bisnis baru dengan target pasar yang baru, namun tetap melindungi bisnis yang sudah ada.

Realnetworks dikenal dengan produk-produk multimedianya, seperti pemutar musik Realplayer dan format file musik RealAudio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com