Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Bahasa Indonesia, Dragon Dictation Tak Sama dengan Siri

Kompas.com - 31/01/2012, 18:26 WIB

KOMPAS.com - Nuance Coomunications Inc, hari ini (31/1/2012) mengumumkan bahwa aplikasi Dragon Search dan Dragon Dictation sudah mendukung Bahasa Indonesia.

Dua aplikasi yang mengandalkan suara pengguna ponsel ini, sekilas memang mirip fitur Siri yang dikembangkan oleh Apple Inc. Apakah perbedaannya?

"Secara konsep memang mirip, karena menggunakan suara, tetapi aplikasi kami (Dragon Search dan Dragon Dictation) tidak bisa berinteraksi dengan pengguna ponsel seperti Siri. Anda seperti punya asisten pribadi jika menggunakan Siri. Ada interaksi yang membuat Anda harus segera merespon pertanyaannya. Sedangkan aplikasi kami, mengandalkan rekaman suara Anda, lalu menuliskan teks sesuai ucapan Anda," jelas Stuart Sharpe, Senior Director Asia Pacific, Sales Engineering Nuance Coomunications Inc, saat jumpa pers di hotel Four Season, Jakarta, Selasa (31/1/2011).

Meski demikian, menurut Sharpe, Siri memiliki keterbatasan dalam penggunaan bahasa. Siri hanya bisa mengerjakan perintah dalam bahasa Inggris native speaker, terutama British English.

Beberapa dialek bahasa Inggris yang agak "slengek-an" agak sulit dideteksi. Mungkin ini sebabnya banyak pengguna iPhone kesulitan menggunakan Siri.

Sedangkan Dragon Search dan Dragon Dictation sudah bisa mendukung puluhan bahasa, tak hanya Bahasa Inggris. Pilihan bahasa juga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

"Hanya saja, Anda harus berada di tempat yang noise-nya sedikit, agar aplikasi kami bisa memahami suara Anda dengan baik," tambah Sharpe.

Hal lainnya yang membedakan aplikasi Dragon Search dan Dragon Dictation dengan Siri adalah bahwa aplikasi Dragon bisa digunakan dimana pun untuk pencarian lokasi.

Jika Anda mencari sebuah toko buku atau kafe yang berlokasi di Jakarta, tetapi Anda mencarinya di Los Angeles, maka Siri tidak akan bisa memberi jawaban karena Anda sedang tidak berada di Jakarta.

Namun jika menggunakan Dragon Search, Anda tetap mendapatkan informasi lokasi toko buku dan kafe yang berlokasi di Jakarta, meskipun Anda sedang berada di Los Angeles.

"Saya tidak bermaksud mengomentari produk yang dibuat oleh Apple, tetapi jika pertanyaannya tentang apa perbedaan Siri dengan Dragon Search dan Dragon Dictation, maka Anda sudah menemukan jawabannya," tutup Sharpe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com