Masyarakat Bertanya, Onno Purbo Menjawab

Kompas.com - 01/02/2012, 07:43 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Harian Kompas hari Selasa (31/1/2012) menurunkan tulisan berjudul "Saya Percaya Kita Bukan Bangsa Bodoh" yang berisi tanya jawab dengan praktisi TI Indonesia, Onno W. Purbo. Tulisan ini dapat Anda temui di Harian Kompas terbitan tanggal 31 Januari 2012 pada halaman 33.

Artikel tersebut dapat Anda baca di Kompas.com melalui link ini, http://tekno.kompas.com/read/2012/01/31/09091298/Onno.W.Purbo.Saya.Percaya.Kita.Bukan.Bangsa.Bodoh.

Pertanyaan-pertanyaan yang ada di tulisan tersebut berasal dari masyarakat dan dijawab langsung oleh Onno Purbo. Cukup banyak pertanyaan yang masuk. Namun, beberapa pertanyaan tak dapat ditampilkan di Harian Kompas karena keterbatasan halaman.

Pada berita ini, kami akan menampilkan secara utuh seluruh pertanyaan dan jawaban dari Onno Purbo. Jawaban dari pak Onno ini pun asli, tanpa kami kurangi dan sunting sama sekali.

Daftar pertanyaan dan jawaban di bawah ini bisa dibilang versi lengkapnya artikel "Saya Percaya Kita Bukan Bangsa Bodoh" dan tentu saja akan ada beberapa materi yang sama.

Selamat membaca!

Pengantar Redaksi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Masih pakai Microsoft, to? Pantes gak saya buka. Saya biasanya akan langsung buka kalau .odt. Kalau .doc dicuekin...,”  demikian jawaban Onno W Purbo saat Kompas mengingatkan tenggat jawaban darinya untuk rubrik ”Kompas Kita”. Kompas memang melampirkan pertanyaan dari pembaca dalam format Microsoft Word.

Begitulah gaya Onno berjuang. Walaupun menyebut dirinya ”an ordinary Indonesian”, rakyat Indonesia biasa saja, di dunia teknologi informasi, Onno sesungguhnya adalah seorang tokoh luar biasa. Kiprah pakar bidang teknologi informasi ini tidak diragukan lagi. Dia berjuang untuk akses internet murah dan perangkat lunak open source Linux. Onno percaya filosofi ”copyleft”. Banyak tulisannya dipublikasikan secara gratis di internet.

Mantan dosen Institut Teknologi Bandung  itu menyebar keahliannya setiap saat, dari kota ke kota. Selain pakar internet, dia juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.