HP Perkenalkan Solusi "Thin Client" untuk Dunia Pendidikan

Kompas.com - 01/02/2012, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) meluncurkan HP t200 Zero Client for Multiseat, sebuah solusi komputasi yang memungkinkan 15 pengguna komputer saling terhubung hanya dengan satu komputer/server atau yang biasanya disebut teknologi "thin client".

Dengan solusi ini, bisa dibilang 15 pengguna ini mengoperasikan komputer tanpa menggunakan PC. Proses komputasi di sisi pengguna seluruhnya ditanangi oleh komputer host.

Solusi dari HP ini terdiri dari 15 unit HP t200 dan 1 unit server (host) yang juga sekaligus menjadi CPU pusatnya. Di sisi pengguna, hanya diperlukan 1 unit HP t200, monitor, keyboard, dan mouse saja.

Daya yang digunakan untuk aktivitas 15 "komputer" ini sangatlah rendah. Dengan ini, perusahaan atau lembaga yang menggunakan solusi ini bisa bisa memangkas biaya perangkat untuk PC.

Alhasil, biaya investasi untuk pembelian hardware sekaligus biaya pemakaian konsumsi listrik juga berkurang, bahkan hingga 80 persen atau hanya memerlukan daya 3 watt ketika dihubungkan dengan host.

Regional Business Manager Client Virtualization Solution Personal Systems Group South East Asia and Taiwan, Anthony Lim menjelaskan perangkat tersebut menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin berbagi perangkat komputer tapi tidak memerlukan PC di setiap meja pengguna.

Pasalnya, fungsi PC tersebut sudah langsung digantikan oleh perangkat HP Compaq Multiseat ms6200 Desktop yang berfungsi sebagai host.

"Perangkat ini dirancang untuk mendukung produktivitas dan efisiensi penggunanya, baik dalam hal waktu maupun biaya investasinya," kata Anthony di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Prinsip Kerja
Pengguna hanya memerlukan perangkat monitor, HP t200 Zero Client for Multiseat (sebagai konektor) dan HP Multiseat ms6200 Desktop PC (yang berfungsi sebagai host).

Komputer host/server untuk HP t200 Zero Client menggunakan Microsoft Multipoint Server 2011.

Berdasarkan studi dari HP, pengguna bisa memakai 15 komputer sekaligus ke sebuah host. Koneksi yang digunakan bisa memakai USB maupun Ethernet.

Dengan model koneksi tersebut, pengguna utama bisa memantau 14 komputer lain baik dalam kinerja biasa hingga pemantauan akses internet (web control).

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X