Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Symantec: PCAnywhere Sudah Aman Digunakan

Kompas.com - 01/02/2012, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Symantec Corp mengumumkan bahwa perangkat lunak PCAnywhere telah aman dan bisa digunakan kembali sebagai remote PC.  Syaratnya, pengguna harus melakukan update dengan security patch yang sudah rilis tanggal 23 Januari 2012.

Sebelumnya, Symantec mengatakan bahwa pengguna harus mematikan sementara perangkat lunak PCAnywhere karena source code-nya telah dicuri peretas. Jika terus digunakan, perangkat lunak ini akan berbahaya bagi PC-PC yang terhubung dalam satu jaringan remote PCAnywhere.

Kini, Symantec memberikan penawaran upgrade gratis ke PCAnywhere 12.5 untuk semua pengguna perangkat lunak ini.

Tak hanya pengguna versi terbaru, namun semua pengguna PCAnywhere versi "jadul" yang tak bisa mendukung PCAnywhere 12.5 pun bisa mengklaim upgrade gratis ini.

Untuk pengguna PCAnywhere 12.0 dan 12.1, bisa memilih untuk tidak melakukan upgrade ke 12.5, dengan syarat harus men-download patch perangkat lunak kedua, yang rilis tanggal 27 Januari 2012.

Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan yang bisa dilakukan peretas karena menyusupi source code PCAnywhere.

Sebelumnya, Symantec tidak mengakui bahwa source code antivirus buatannya berhasil dicuri peretas. Namun, awal bulan Januari 2012, Symantec mengumumkan bahwa pencurian tersebut benar.

Pengguna PCAnywhere pun harus mematikan sementara perangkat lunaknya untuk mencegah serangan.

Selain PCAnywehere, Symantec juga mengakui bahwa source code Norton Antivirus Corporate Edition, Norton Internet Security, Norton Utilities, dan Norton GoBack juga telah dicuri source code-nya.

Hal ini sesuai dengan rilis yang dilakukan peretas dengan nama YamaTough. Hingga berita ini ditulis, peretas tersebut belum ditangkap atau dijerat aturan hukum apapun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com