Lepas Saham Perdana, Facebook Berharap Raup Rp 45 Triliun

Kompas.com - 02/02/2012, 09:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Facebook menargetkan dapat memperoleh dana sebesar 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 45 triliun) dari hasil penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). Target pencapaian dana tersebut turun dari target Facebook semula sebesar 10 miliar dollar AS.

Berdasarkan sumber internal yang dikutip Reuters dan International Financing Review menyatakan bahwa dana yang diinginkan oleh Facebook tersebut merupakan batas bawah dari target pencapaian dana yang diharapkan.

Namun, bila ada permintaan lebih dari pelaku investasi, maka target pencapaian dananya bisa dinaikkan.

Bocoran target pencapaian dana dari Facebook tersebut diperoleh dari berkas prospektus yang rencananya pekan ini akan diserahkan ke US Securities and Exchange Commission (semacam Badan Pengawas Pasar Modal setempat).

Beberapa analis memperkirakan target dana IPO tersebut merupakan kejadian finansial terbesar di tahun ini untuk industri teknologi.

Padahal, bila Facebook mampu mendapat dana dari hasil IPO sebesar 10 miliar dollar AS (setara dengan Rp 90 triliun), maka Facebook akan menempati posisi keenam dalam daftar IPO terbesar AS di antara AT&T Wireless Group sebesar 10,62 miliar dollar AS (setara dengan Rp 95,8 triliun) dan Kraft Foods sebesar 8,68 miliar dollar AS (setara dengan Rp 77,85 triliun).

Namun, bila Facebook hanya mendapat dana dari hasil IPO sebesar 5 miliar dollar AS, maka Facebook sudah bisa mengalahkan IPO Google pada tahun 2004 yang hanya meraup dana 1,9 miliar dollar AS (Rp 17,1 triliun).

Facebook juga telah memilih lima penjamin emisi (underwriter) untuk menangani IPO Facebook yang diperkirakan akan berlangsung Mei 2012. Penjamin emisinya, yaitu Goldman Sachs, Bank of America/Merrill Lynch, Barclays Capital, JP Morgan, dan Morgan Stanley, yang bertindak sebagai joint lead underwriter-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.