"Kinect" Siap Kendalikan Windows dengan Tangan dan Suara

Kompas.com - 02/02/2012, 14:10 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan bahwa Kinect untuk Windows telah tersedia dan siap digunakan di Windows 7, Windows Embedded Standard 7, and Windows 8 Developer Preview (perangkat destop).

Kinect adalah perangkat tambahan yang memungkinkan pengendalian game menggunakan gerakan badan, tangan atau kaki, bahkan lewat suara.

Perangkat dengan sensor gerak tersebut selama ini hanya resmi tersedia sebagai perangkat pendukung konsol game XBox meskipun banyak hacker yang telah merekayasa agar dapat dimanfaatkan di PC.

Dengan Kinect khusus Windows ini, nantinya pengguna komputer (dengan sistem operasi Windows) dapat memberikan perintah atau bermain game lewat gerakan tangan atau suara.

CEO Microsoft Steve Ballmer saat menyampaikan keynote di Consumer Electronics Show (CES) 2012, Senin (9/1/2011) malam di Las Vegas, AS menyatakan bahwa Kinect akan dikembangkan lebih luas agar dapat digunakan untuk aplikasi yang lebih luas tidak hanya sekadar bermain game.

Ballmer meyakini Kinect akan merevolusi bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan sebagainya.

Untuk mendorong pemanfaatan Kinect di berbagai sektor, Microsoft telah menggandeng sejumlah perusahaan seperti United Health Group, Toyota, Telefonica, Mattel, American Express, Siemens, Unilever, dan lebih banyak lagi perusahaan lainnya. Kerja sama tersebut untuk mengembangkan aplikasi Kinect di Windows untuk berbagai keperluan sesuai bidang industri.

Di bidang pendidikan, Microsoft mendemokan pemanfaatan Kinect untuk mendukung edukasi lewat tayangan Sesame Street. Dengan aplikasi Kinect, anak-anak tidak cuma menonton video Sesame Street, namun dapat berinteraksi dengan karakter di layar TV.

Misalnya seolah-olah melemparkan barang ke karakter di dalam TV. Dalam video yang dipresentasikan, Kinect juga dimanfaatkan untuk bermain musik secara virtual, belajar bongkar pasang mesin, membantu guru mengajar di kelas, dan berolahraga.

Kinect untuk PC ini berbeda dengan Kinect untuk Xbox 360, baik secara hardware maupun software, demikian menurut sumber internal Microsoft. Microsoft mendesain khusus Kinect untuk PC, menyesuaikan dengan karakter pemakaian komputer yang tentu berbeda dengan konsol game Xbox.

Misalnya, soal jarak ideal antara perangkat dengan sensor Kinect. Di Xbox 360 yang memang dirancang untuk digunakan di ruang keluarga, jarak minimal untuk pemakaian optimal adalah 5 meter.

Syarat ini tentu tak bisa diaplikasikan untuk PC, karena tentu terlalu jauh. Untuk itu, Microsoft akan membuat "Near Mode" yang memungkinkan jarak antara kamera sensor Kinect dengan PC cukup 40 sentimeter.

Perangkat Kinect untuk Windows tersedia di 12 negara dengan harga eceran 249 dollar AS dan 149 dollar AS untuk kalangan pendidikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.