Veteran PlayStation Jadi Bos Baru Sony

Kompas.com - 02/02/2012, 17:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Sony Corp berencana untuk mengganti CEO Howard Stringer dengan CEO baru, Kazuo Hirai. Penggantian CEO ini disepakati berdasarkan rapat pemegang saham yang dilakukan pada Juni 2011. Hirai akan menggantikan Stringer per 1 April 2012.

Hirai menggantikan Stringer karena perusahaan ini mengalami kerugian selama 4 tahun berturut-turut, serta berada di bawah kompetitornya, Apple dan Samsung Electronics. Video konsol game dikuasai Nintendo, PC dikuasai Apple, dan televisi sudah dikuasai Samsung.

Sejak Stringer menjadi CEO tahun 2005, saham perusahaan merosot hingga lebih dari setengah dari total nilai saham.

Pergantian CEO ini diharapkan mampu mengembalikan daya saing Sony dalam menyediakan perangkat yang fokus pada bisnis hiburan.

Hirai yang lahir di Tokyo pada 22 Desember 1960 merupakan lulusan International Christian University di Tokyo dengan gelar sarjana seni liberal.

Hirai yang memiliki latar belakang di industri musik dan game bisa dibilang veteran atau senior di divisi PlayStation milik Sony. Hirai mulai bergabung dengan Sony pada tahun 1995 dan berada di divisi komputer dan video game.

Kemudian, Hirai bertanggung jawab mengembangkan PlayStation di Sony Computer Entertainment Amerika. Tahun 2006, Hirai menjadi Wakil Presiden Grup Eksekutif Sony Computer Entertainment.

Pengalaman-pengalaman ini diharapkan dapat mengembalikan daya saing Sony Corp di ranah hiburan.

Sony memang memiliki kerugian dalam bisnis televisi, di mana standar penjualan tahunan Bravia TV diturunkan dari 22 juta ke 20 juta.

Selain itu, nilai perusahaan juga turun dari 100 miliar dollar AS (tahun 2000) menjadi 18 miliar dollar AS (tahun 2011). Ini adalah tantangan yang harus dihadapi Hirai sebagai CEO baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.