Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Zynga Puji Tim Pembuat Game "Jiplakan"

Kompas.com - 03/02/2012, 11:57 WIB

KOMPAS.com - CEO Zynga, Mark Pincus sedang diterpa isu miring, dirinya dituduh menjiplak game dari pengembang lain. Alih-alih mengomentari tudingan tersebut, Pincus malah memuji tim yang membangun game "jiplakan" tersebut.

Sebuah pengembang aplikasi iOS menuduh Zynga telah mencuri ide game buatan mereka, Tiny Tower. Zynga ternyata memiliki game yang sangat mirip dengan Tiny Tower, dengan nama Height Dream.

Atas tuduhan tersebut, Pincus malah tidak menanggapinya secara serius. Dalam sebuah memo internal yang bocor dan diterima oleh Forbes, Pincus mengatakan," Saya bangga atas kerja keras dari tim mobile," katanya.

Pincus menganggap bahwa dalam sebuah bisnis, kita tidak perlu menjadi yang pertama untuk masuk ke pasar. Tapi yang lebih penting adalah menjadi yang terbaik di pasar.

Pincus mencontohkan Google bukanlah pencipta mesin pencari pertama, Apple juga tidak merilis MP3 player atau tablet pertama. Bahkan Facebook juga bukan merupakan pemain situs jejaring sosial yang pertama.

Tapi perusahaan-perusahaan tersebut menjadi perusahaan raksasa dan mendatangkan keuntungan berlipat bagi pemiliknya.

Bercermin dari memo tersebut, Pincus menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan tadi mampu melakukan revolusi dan inovasi produknya, meski meniru. Sehingga produknya bisa diterima oleh pasar.

Sebenarnya Pincus punya "senjata" untuk menolak tuduhan tersebut yaitu aplikasi game Tiny Tower dijual gratis di App Store, namun game Height Dream merupakan aplikasi berbayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com