Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook IPO, Mereka Bersiap Jadi Miliarder

Kompas.com - 03/02/2012, 12:49 WIB

KOMPAS.com - Facebook telah memasukkan berkas prospektus ke Badan Pengawas Pasar Modal setempat sebagai syarat untuk proses penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Dari IPO tersebut, Facebook menargetkan dapat memperoleh dana sebesar 5 miliar dollar AS (sekitar Rp 45 triliun).

Dalam prospektus yang diajukan tersebut terlihat siapa saja pemegang saham Facebook secara mayoritas.

Seperti dikutip dari TechCrunch, ada 13 nama yang ikut berinvestasi di situs jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Inilah mereka.

1. Mark Zuckerberg
Sebagai pendiri dan Chief Executive Officer (CEO), Mark Zuckerberg memegang 28,4 persen atau sekitar 533,8 juta lembar saham Facebook.

2. Jim Breyer
Breyer merupakan President Accel Management Company, sebuah perusahaan pemberi modal dan sekaligus salah satu anggota dewan direksi Facebook sejak April 2005. Dia memegang sebesar 11,4 persen atau 201,3 juta lembar saham Facebook.

3. Dustin Moskovitz
Lahir di Washington 22 Mei 1984, Moskovitz adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang membantu mendirikan Facebook bersama Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin dan Chris Hughes.

Pada 2010, Forbes 400 menempatkan Dustin Moskovitz sebagai miliuner termuda di dunia dan sekaligus menggenggam 133,7 juta lembar saham atau sekitar 7,6 persen saham Facebook.

4. Digital Sky Technologies (DST) Global Limited
Sebuah perusahaan investasi internet yang menguasai sebesar 5,4 persen atau 94,5 juta lembar saham

5. Peter A Thiel
Pengusaha yang lahir tahun 1967 ini juga merupakan salah satu anggota dewan direksi Facebook dan menjadi investor awal Facebook. Dirinya memegang 44,7 juta lembar saham (2,5 persen). Thiel menempati peringkat 377 pada Forbes 400 tahun 2008 dengan kekayaan sekitar U1,3 miliar dollar AS.

6. Marc Andreessen
Lahir pada 9 Juli 1971 dan merupakan pengusaha Amerika di bidang software engineer. Dia juga merupakan co-founder  Netscape Communications Corporation dan menjadi salah satu anggota dewan direksi Facebook sejak Juni 2008. Dia menggenggam 3,57 juta saham Facebook.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com