Keragaman Perangkat Android Tak Perlu Dikhawatirkan

Kompas.com - 03/02/2012, 16:03 WIB
EditorReza Wahyudi

LocalyticsIlustrasi fragmentasi Android

KOMPAS.com - Fragmentasi sering dipandang sebagai masalah besar bagi para pengembang aplikasi Android. Mereka khawatir Android terfragmentasi, karena sangat beragam.

Ada ratusan perangkat Android yang berjalan dengan sistem operasi (OS) versi berbeda, ukuran layar berbeda, dan resolusi piksel berbeda pula.

Adanya fragmentasi di Android menyulitkan para pengembang aplikasi (developer) karena mereka harus membuat beberapa jenis program untuk satu aplikasi yang sama.

Lembaga riset aplikasi Localytics mempelajari hal itu dan menyatakan bahwa fragmentasi tidak seburuk yang dipikirkan selama ini. Localytics memberi solusi dengan memberikan spesifikasi versi OS, ukuran layar, hingga resolusi piksel yang paling banyak digunakan oleh para pengguna Android.

Setidaknya, data ini bisa dijadikan gambaran bagi para pembuat aplikasi, untuk fokus memikirkan kompatibilitas dengan OS, ukuran layar, dan resolusi piksel.

Spesifikasi smartphone Android paling populer

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem operasi

Dari sisi penggunaan OS, menurut Localytics, ada 73% pengguna Android yang perangkatnya dijalankan dengan OS Android 2.3 (Gingerbread), sementara yang menggunakan Android 2.2 (Froyo) ada 23%. Localytics menyarankan, pengembang aplikasi dapat memfokuskan diri kepada dua versi OS tersebut, untuk mencapai 96% kompatibilitas dengan ekosistem Android.

Ukuran layar

Dari kategori ukuran layar, yang paling populer adalah smartphone berukuran 4,3 inci, digunakan oleh 41% pengguna Android, dilanjutkan dengan ukuran layar 4 inci yang dipakai oleh 22% pengguna. Sementara itu, smartphone berukuran layar 3,2 inci dan 3,7 inci, masing-masing digunakan oleh 11% dan 9% pengguna Android.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X