Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopaska Latihan Bersama US Navy Seals di Guam

Kompas.com - 03/02/2012, 18:26 WIB
Edna C Pattisina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut akan latihan bersama dengan United States Navy Seals dengan sandi Flash Iron. Latihan bersama akan diselenggarakan pada Maret 2012 di US Navy Base, Guam, teritori Amerika Serikat di Pasifik.

"Flash Iron merupakan latihan bersama untuk pengembangan teknik maupun taktik peperangan laut khusus yang merupakan tugas pokok kedua satuan tersebut," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Untung Suropati, Jumat (3/2/2012), di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Menurut Untung, latihan bersama tersebut merupakan wadah kerja sama antarkedua negara, terutama bidang kemiliteran, juga sebagai wahana pertukaran ilmu serta memupuk solidaritas sebagai pasukan khusus yang berbasis Naval Special Warfare.

Kopaska merupakan salah satu pasukan khusus TNI AL yang berkualifikasi antara lain untuk melaksanakan peperangan dan pertempuran laut khusus. Dengan latihan bersama tersebut diharapkan Kopaska semakin profesional serta mempererat hubungan baik kedua negara.

Materi latihan yang akan dilaksanakan di sebuah pulau bagian barat Samudra Pasifik tersebut antara lain military free fall, full mission profile, maritime craft aerial delivery system, combat diving, dan final training exercise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com