Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Coding" Bareng 800 Developer Tercatat di Rekor MURI

Kompas.com - 04/02/2012, 13:55 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Keinginan Nokia dan Microsoft untuk mencatatkan ajang Nokia Lumia Developer Day masuk rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) akhirnya tercapai pada Sabtu (4/1/2012).

Perwakilan dari MURI secara resmi mengumumkan Nokia Lumia Developer Day tercatat masuk rekor pengembangan  aplikasi Windows Phone untuk Nokia Lumia serentak dengan peserta terbanyak. Rekor ini tercatat sebagai rekor ke 5308 MURI.

Menandai pencatatan rekor ini, MURI memberikan sertifikat dan plakat MURI kepada Nokia yang diwakili Narenda Wicaksono, Development Operation Manager Nokia Indonesia dan Microsoft yang diwakili Risman Adnan, Developer Director Microsoft Indonesia.

Pada acara yang tercatat di MURI ini, Nokia Developer dan Microsoft Indonesia menantang para developer (pengembang aplikasi) untuk membuat aplikasi berbasis Windows Phone dalam waktu 24 jam.

Jumlah developer yang ditargetkan mengikuti ajang ini adalah 800 orang. Pada hari pelaksanaannya ternyata tercapai lebih dari 800 developer yang siap membuat aplikasi Windows Phone.

Acaranya sendiri digelar 4 sampai 5 Februari 2012, di Graha Mandala Siliwangi, Bandung.

Ratusan developer tersebut akan mencoba mengembangkan sebuah aplikasi Windows Phone, bisa perseorangan atau membentuk tim.

Pembuatan program itu sendiri dimulai jam 10 pagi diawali dengan pembekalan dari beberapa pembicara, seperti dari tim Armanovus yang berpengalaman membuat Windows Phone.

Tim Armanovus telah banyak membuat aplikasi berbasis Windows Phone, salah satu yang terbaru adalah aplikasi streaming pertama Indonesia di Windows Phone.

Tak ketinggalan, tim ahli dari Nokia dan Microsoft akan membagi ilmu untuk seluruh peserta agar bisa menghasilkan aplikasi Windows Phone terbaik.

Para peserta Nokia Lumia Developer Day akan memulai coding secara resmi jam 7 malam nanti hingga jam 10 pagi esok harinya (5/1/2011).

Semua aplikasi yang berhasil dibuat dalam acara ini, akan diajukan oleh Microsoft ke Windows Phone Marketplace, di mana aplikasi tersebut dapat diunduh dan digunakan oleh seluruh orang di dunia yang menggunakan smartphone berbasis Windows Phone.

Selain itu, seluruh aplikasi tersebut akan dinilai dan delapan aplikasi terbaik akan mendapat masing-masing 1 unit smartphone Nokia Lumia 800.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com