Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Aplikasi Menangkan "Coding 24 Jam" Lumia

Kompas.com - 05/02/2012, 19:08 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Coding 24 jam Nokia Lumia Developers Day, telah selesai digelar pada Minggu (5/2/2012). Sebanyak 800-an developer mengikuti acara yang tercatat di Musium Rekor Indonesia tersebut.

Pada saat tenggat waktu habis, sekitar pukul 09:00 WIB, tercatat ada 173 aplikasi yang berhasil rampung dalam kegiatan itu. Dari jumlah itu kemudian diseleksi menjadi 21 terbaik yang kemudian dipilih menjadi 8 pemenang.

Delapan aplikasi terbaik yang pembuatnya berhak membawa pulang Lumia 800 adalah: Buzzlemall, Citizen Hero, The Garbager, Gogo Keto, Movieblist, Shelterview, Spothemall dan Wayang Solitaire.

Gelaran tersebut ternyata dirasakan cukup menguras energi bagi para pengembang. Hal itu dikatakan Karimul Makhtidi dan Adhitya Wibawa Putra dari Institut Pertanian Bogor, pengembang aplikasi Wayang Solitaire.

Menurut Adhitya, dengan rentang waktu yang singkat itu, memang ada tantangan dari sisi desain dan programnya. Namun mereka berusaha mengatasinya.

Wayang Solitaire, menurut Karimul, pada dasarnya merupakan aplikasi permainan mirip permainan kartu Solitaire. Bedanya, ikon yang digunakan adalah dari pewayangan.

"Kami berharap aplikasi ini nantinya bisa masuk ke Windows Marketplace, sehingga ikut memperkenalkan unsur budaya Indonesia ke dunia," kata Karimul.

Aplikasi yang dihasilkan dan dikembangkan dari acara ini cukup beragam. Mulai dari game, aplikasi hiburan hingga aplikasi yang membantu kegiatan sehari-hari.

Uniknya, ada juga yang datang dan mengembangkan aplikasi bisnis seperti yang akan digunakan di perkantoran. Hal itu dilakukan Ishak, warga Indonesia yang menetap di Singapura yang turut dalam gelaran ini.

Menurut Ishak aplikasi yang dibuatnya dalam kegiatan itu memang tidak sampai selesai. Namun ia mengatakan momentum itu dimanfaatkannya untuk memulai sebuah proyek pengembangan aplikasi di atas Windows Phone.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com