Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan Yahoo Jauhkan Anak dari Dampak Negatif Internet

Kompas.com - 07/02/2012, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, orang tua dan guru tidak perlu khawatir dalam mengawasi putra putrinya dalam bermain di dunia maya. Pasalnya, Google dan Yahoo telah memiliki fitur untuk bisa memproteksi situs-situs negatif terutama dari hasil pencarian di masing-masing mesin pencari.

Regional Director Public Policy Yahoo! Asia Pasifik, Kuek Yu Chuang menjelaskan pihaknya selama ini fokus dengan visi perusahaan dalam memberikan manfaat bagi penggunanya. Salah satu hal yang dilakukan adalah membuat perangkat lunak (software) yang bisa memberikan keamanan global bagi penggunanya dari situs-situs negatif.

"Untuk keamanan online, kami memiliki Yahoo! Safely," kata Chuang dalam Seminar Internet Sehat dan Aman di Jakarta, Senin (6/2/2012).

Yahoo! telah meluncurkan fitur Yahoo! Safely pada Desember 2010 di 26 negara dengan 14 bahasa. Pengguna bisa mengakses software tersebut melalui www.yahoo.co.id/safely.

Melalui perangkat tersebut, pengguna bisa mengetahui tentang keamanan online, meliputi topik-topik seperti mengatur reputasi digital dan belajar bagaimana mengurangi resiko pada perangkat bergerak. Selain itu, terdapat konten dari para ahli keamanan yang terkenal di dunia.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut, Yahoo! telah menyelenggarakan program Yahoo!Buka Dunia yang melibatkan 25.000 anak muda di 20 kota, 40 sekolah dan selama sebulan penuh dalam memperkenalkan program itu.

Harapannya, anak-anak muda juga semakin mengerti tentang keamanan ber-Internet karena selama ini banyak ditemukan kasus penipuan, penculikan ataupun hal negatif lainnya di internet.

Berikut lima tips aman ber-Internet dari Yahoo:
1. Pikir dahulu sebelum mem-posting
Hindari konten yang berbau pornografi pada postingan Anda. Jika sudah menyebar, maka pengguna akan dapat sanksi melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

2. Ambil tindakan dan laporkan kejahatan yang ada
Jika mengetahui kasus negatif di dunia maya maka bisa mengadu ke website tersebut secara langsung, pemerintah maupun aparat yang berwajib agar kasus segera dituntaskan.

3. Jika tidak kenal, jangan direspon
Jangan menerima panggilan telepon dari pihak lain. Selain itu jangan percaya dan mudah merespon pesan yang mengganggu dari sumber yang tidak diketahui atau berniat melecehkan orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com