Orang Nomor Satu Google di India "Dibajak" Twitter

Kompas.com - 07/02/2012, 12:41 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Twitter telah mengisyaratkan keinginannya untuk mengembangkan bisnis dan pendapatannya di Asia. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Twitter sampai harus "membajak" salah satu petinggi Google.

Seperti diungkapkan oleh Economic Times India, Twitter merekrut Shailesh Rao, Direktur Google India yang juga menjabat sebagai Direktur Media dan Platform Google Asia Pasifik. Pria kelahiran Kanada ini biasanya menangani iklan di benua Asia, khususnya India. Rao dikabarkan telah meninggalkan Google sejak 3 Februari lalu.

Seperti dikabarkan Business Week, Rao akan bergabung dengan Twitter mulai akhir bulan ini dan langsung bekerja menangani iklan di Twitter. Tetapi, Twitter belum menjelaskan posisi dan tugasnya secara spesifik.

Sekadar catatan, Twitter mulai mengembangkan bisnis untuk pasar di luar Amerika Utara dan pasar Eropa. Sasaran pasar paling empuk berikutnya adalah Asia.

Berdasarkan riset e-Marketer, Twitter memperkirakan pendapatan iklannya bisa meningkat tiga kali lipat dalam dua tahun ke depan dan mencapai 540 juta dollar AS pada 2014.

Dengan merekrut Rao, terutama karena dia sudah piawai dan menguasai pasar Asia, maka potensi untuk meningkatkan pendapatan di kawasan Asia akan semakin besar.

Apalagi dengan pengalaman Rao di India serta pemblokiran layanan Twitter di China, maka diharapkan sekitar 1,17 miliar masyarakat India bisa menjadi pasar yang empuk bagi Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seorang juru bicara Google pun menegaskan keberangkatan Rao dalam sebuah siaran pers yang dirilis pada Jumat 3 Februari 2012. Berikut ini kutipannya:

"Kami berterima kasih atas kontribusi Rao ke Google dan terutama Google India. Harapannya Rao bisa menemukan masa depan yang cerah di kantor barunya nanti.

Rao baru saja menerima penghargaan sebagai Internet Professional of The Year dari Internet Mobile Association of India (IAMAI). Rao bergabung dengan Google sejak Maret 2005 sebagai Direktur of Local Search Based yang berbasis di Mountain View.

Semenjak bergabung dengan Google, Rao telah terlibat dalam peluncuran Google Maps dan Google Earth di sejumlah negara berkembang, sebelum dia pindah dan mengepalai Google India pada 2007".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.