Bos Perusahaan Pembuat Memori Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 07/02/2012, 14:38 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dunia teknologi kembali kehilangan salah satu tokoh teknologi. Steve Appleton. CEO perusahaan teknologi Micron Technology  tersebut meninggal dunia pada 3 Februari 2012 akibat kecelakaan pesawat terbang kecil di Idaho, Amerika Serikat. Appleton meninggal di usia 51 tahun.

Pesawat yang dipiloti oleh Appleton sendiri tersebut jatuh di antara dua landasan pacu. Kecelakaan terjadi sekitar pukul 9 pagi waktu setempat. Berdasarkan laporan yang diberikan polisi kepada wartawan, pesawat sempat terbakar dan petugas kepolisian sempat memanggil pemadam kebakaran.

Appleton memang memiliki hobi mengendarai pesawat. Sebelumnya ia pernah jatuh dari pesawat aerobatik pada tahun 2004 di selatan gurun Boise. Appleton sempat dibawa ke rumah sakit dan selamat. Namun kecelakaan kali ini, tidak sempat menyelamatkan nyawanya.

20 tahun di dunia teknologi

Steve R, Appleton, lahir pada 31 Maret 1960 di California. Ia lulus dari Boise State University dan memulai karir di dunia teknologi sejak tahun 1983. Berbagai jabatan telah dipercayakan padanya, seperti Wafer Fab Manager, Production Manager, Director of Manufacturing, dan Vice President of Manufacturing.

Tahun 1991 Appleton dipercaya sebagai Chief Operating Officer (COO) dan tahun 2004 ia dipercaya menjadi CEO Micron Technology.

Selain bekerja di Micron Technology, Appleton juga dipercaya Bill Clinton,  Presiden AS saat itu untuk mengurusi National Semiconductor Technology Council.

Saat ini, Appleton juga masih menjabat sebagai Dewan Direksi untuk Asosiasi Semi Konduktor dan Dewan Direksi untuk National Semiconductor Corporation Amerika Serikat.

CEO termuda
Pada usia 34 tahun, Appleton terpilih sebagai CEO termuda ketiga di dunia oleh Fortune 500. Pada tahun 2011, Appleton menerima penghargaan Robert Noyce dari Semiconductor Industry Association.

Micron Technology
Micron Technology adalah korporasi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Boise, Idaho, AS. Perusahaan ini memproduksi perangkat semikonduktor seperti DRAM, SDRAM, flash memory, SSD, dan CMOS image sensing chip.

Micron Technology merupakan 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia.

Micron Technology dan Intel pernah bekerja sama membangun desain IM Flash Technogy dan mempdoduksi NAND flash memory. Kompetitor Micron Technology saat ini adalah Samsung, Hynix, Elpida, Toshiba, dan SanDisk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.