Symbian Terakhir, Penerus Nokia N8

Kompas.com - 08/02/2012, 10:46 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Nokia sedang menyiapkan penerus seri Nokia N8. Ponsel tersebut dikabarkan akan jadi ponsel bersistem operasi Symbian terakhir dari Nokia.

Menurut The Register, Nokia telah membatalkan pengembangan semua perangkat Symbian. Satu-satunya yang tersisa hanya perangkat yang bakal jad penerus N8.

Tidak disebutkan, apa nama ponsel pengganti N8 tersebut. Nokia dikabarkan akan menghentikan Symbian lebih awal karena fokus mengembangkan Windows Phone.

Jika kabar ini benar, artinya Nokia akhirnya akan mengambil keputusan tegas atas nasib Symbian. Sebelumnya Symbian masih terasa diombang-ambingkan dan tak menentu.

CEO Nokia Stephen Elop sempat memprediksi akan menjual 150 juta perangkat Symbian sebelum sepenuhnya beralih ke Windows Phone. Tapi belakangan ia mengakui bahwa penjualan Symbian sangat jauh dari perkiraan.

Beberapa pihak diyakini akan terkena dampak keputusan ini. Salah satunya adalah Accenture, rekanan Nokia yang mengakuisisi 3.000-an pengembang Symbian dari Nokia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.