Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dayagunakan Sambungan Speedy

Kompas.com - 10/02/2012, 06:32 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sambungan internet kabel Speedy di rumah bisa digunakan lebih dari kelazimannya untuk berselancar di dunia maya. Jaringan internet kabel bagaimanapun tetap lebih baik dan lebih kokoh dibanding jaringan internet nirkabel atau radio.

Speedy sebagai jaringan kabel bisa dipasangi kamera berbasis internet protokol (IP) , dan lalu dipakai mengawasi apa saja, termasuk jika ada maling. Kantor-kantor bank sudah melakukannya, sehingga pengawas tempat rawan seperti ATM, kini bukan hanya dilakukan petugas satuan pengamanan (Satpam) saja, melainkan juga kepala kantornya dari rumah.

PT Telkom yang memayungi produk jaringan internet kabel Speedy meluncurkan Speedy Home Monitoring (SHM) hari Kamis (9/2/2012) yang memberi layanan kamera berbasis IP itu. Ahmad Rianto, Manajer Komunikasi Jatim Bali Nusra menjelaskan, SHM mengoptimalkan kemampuan jaringan kabel internet Speedy dengan penggunaan kamera IP itu. "Sebab dengan jaringan internet yang terus menerus 24 jam, kegiatan pemantauan melalui internet bisa dilakukan," katanya.

SHM menawarkan layanan pada pelanggan speedy untuk menggunakan teknologi kamera IP untuk aneka keperluan pemantauan, dari memantau gudang, kantor, rumah, anak-anak hingga orang tua. "Sehingga berapa lamapun perginya dan berapapun jauhnya perginya, orang tua tetap melihat sendiri keadaan rumah, dan tetap dekat dengan keluarga," tambahnya.

Melalui SHM dengan tarif tertentu, pelanggan Speedy bisa memilih untuk mendapatkan layanan rekaman pemantauan di server Telkom. Rekaman bisa berlangsung 24 jam, 48 jam hingga 72 jam, tergantung paket yang hendak diambil. "Kemudian dari mana saja, asal ada sambungan internet, pemilik akun speedy tersebut bisa mengakses tampilan kamera kapan saja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com