Dayagunakan Sambungan Speedy

Kompas.com - 10/02/2012, 06:32 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

MALANG, KOMPAS.com - Sambungan internet kabel Speedy di rumah bisa digunakan lebih dari kelazimannya untuk berselancar di dunia maya. Jaringan internet kabel bagaimanapun tetap lebih baik dan lebih kokoh dibanding jaringan internet nirkabel atau radio.

Speedy sebagai jaringan kabel bisa dipasangi kamera berbasis internet protokol (IP) , dan lalu dipakai mengawasi apa saja, termasuk jika ada maling. Kantor-kantor bank sudah melakukannya, sehingga pengawas tempat rawan seperti ATM, kini bukan hanya dilakukan petugas satuan pengamanan (Satpam) saja, melainkan juga kepala kantornya dari rumah.

PT Telkom yang memayungi produk jaringan internet kabel Speedy meluncurkan Speedy Home Monitoring (SHM) hari Kamis (9/2/2012) yang memberi layanan kamera berbasis IP itu. Ahmad Rianto, Manajer Komunikasi Jatim Bali Nusra menjelaskan, SHM mengoptimalkan kemampuan jaringan kabel internet Speedy dengan penggunaan kamera IP itu. "Sebab dengan jaringan internet yang terus menerus 24 jam, kegiatan pemantauan melalui internet bisa dilakukan," katanya.

SHM menawarkan layanan pada pelanggan speedy untuk menggunakan teknologi kamera IP untuk aneka keperluan pemantauan, dari memantau gudang, kantor, rumah, anak-anak hingga orang tua. "Sehingga berapa lamapun perginya dan berapapun jauhnya perginya, orang tua tetap melihat sendiri keadaan rumah, dan tetap dekat dengan keluarga," tambahnya.

Melalui SHM dengan tarif tertentu, pelanggan Speedy bisa memilih untuk mendapatkan layanan rekaman pemantauan di server Telkom. Rekaman bisa berlangsung 24 jam, 48 jam hingga 72 jam, tergantung paket yang hendak diambil. "Kemudian dari mana saja, asal ada sambungan internet, pemilik akun speedy tersebut bisa mengakses tampilan kamera kapan saja," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.