Google Siapkan "Drive" sebagai Hard Disk Online

Kompas.com - 10/02/2012, 09:55 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Google tak mau ketinggalan untuk meramaikan layanan penyimpanan data berbasis komputasi awan (cloud computing). Raksasa mesin pencari ini kabarnya akan memberi layanan penyimpanan online bernama Drive.

Kabar ini datang dari harian Wall Street Journal, Rabu (8/2/2012), yang mendapatkan informasi dari sumber tepercaya. Sebagai pemilik sistem operasi Android, Google tentu merespons kebutuhan pengguna perangkat mobile yang hendak menyimpan data secara online.

Drive akan memungkinkan penggunanya mengunggah dokumen, foto, dan video ke server Google. Data-data itu juga bisa di-share ke orang lain jika si pemiliknya mengizinkan.

Seperti layanan komputasi awan pada umumnya, Drive dapat digunakan secara gratis. Namun, jika seseorang ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, maka ada biaya tambahan.

Harian Wall Street Journal mengabarkan, Drive akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Drive bisa menjadi lawan kuat untuk pemain lama di layanan komputasi awan, seperti Dropbox. Pasalnya, Google bisa saja mengintegrasikan Drive dengan layanan Google yang lainnya, seperti Google Music ataupun YouTube.

Terlebih, Google telah memiliki layanan pengolahan data perkantoran berbasis web Google Docs.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.