XL Hentikan Paket Data "Unlimited"

Kompas.com - 10/02/2012, 14:45 WIB
EditorReza Wahyudi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Paket akses internet unlimited yang dikeluarkan operator telepon seluler XL sudah dihentikan. XL pun tidak akan menggarap bisnis paket data unlimited ini karena dinilai tidak menguntungkan.

Hal ini disampaikan Chief Executive Officer XL Axiata, Hasnul Suhaimi, Rabu (8/2/2012), di Axiata Center, Kuala Lumpur, Malaysia. "XL tidak akan lagi menjual unlimited paket data karena mengganggu jaringan," ujarnya.

Ia mencontohkan, untuk penggunaan paket unlimited yang dilakukan 3-4 pelanggan bisa menggunakan 40 persen jaringan. Sementara sisa pelanggan harus berbagi jaringan sisanya.

Dengan demikian, meski banyak permintaan pelanggan untuk kembali mengadakan paket unlimited XL, operator seluler itu tidak akan membukanya kembali. "Kami hilangkan paket-paket yang merugikan pelanggan juga karena pemakaian satu pelanggan berpengaruh ke lainnya," papar Hasnul.

Chief Operating Officer XL, Willem Lucas Timmermans, mengatakan, saat ini pihaknya tengah memfokuskan pada kepuasan pelanggan pada akses data.

"Unlimited is impossible karena nilai kepuasan dan pengalamannya menurun. Kami ingin pelanggan dipuaskan dengan jaringan yang baik," ucapnya.

Dengan paket data lain, kata Wim, volume data bisa mencapai 4 GB. Hal ini jauh berbeda saat paket unlimited diterapkan. Saat itu, volume data hanya bisa mencapai 2 GB. Kecepatan akses internet dengan dihapuskannya sistem unlimited juga berhasil meningkat sampai 512 Mbps.

"Dengan kecepatan baik, volume yang bagus, maka akan lebih mudah pengaturan terhadap penggunaan berlebihan," tandas Wim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.