Path Akui "Salin" Daftar Kontak Pengguna Tanpa Izin

Kompas.com - 10/02/2012, 16:18 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jejaring sosial yang ditujukan hanya untuk keluarga atau teman dekat, Path pada hari Rabu (8/1/2012) meminta maaf karena tanpa izin mengunggah buku alamat penggunanya.

"Kami membuat kesalahan," ujar wakil pendiri dan kepala eksekutif Path, David Morin dalam sebuah posting blog. "Kami sungguh-sungguh meminta maaf jika Anda tak nyaman karena aplikasi kami telah memakai alamat kontak ponsel Anda."

Untuk itu, Path telah merilis update aplikasi yang menawarkan pilihan bagi pengguna untuk membolehkan atau melarang Path menggunakan daftar informasi kontak pribadi yang membantu mereka berhubungan dengan teman atau keluarga pada jejaring sosial itu.

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa penggunaan informasi ini terbatas hanya untuk memperbaiki kualitas dari saran pertemanan ketika Anda menggunakan fitur "Add Friends" dan untuk memberitahu Anda jika ada kontak Anda yang  bergabung dengan Path - cuma itu," ujar Morin.

Menurut perusahaan itu, informasi kontak yang diperoleh dari pengguna komputer telah dienkripsi sebelum ditransmisikan ke server Path.

"Kami kini memahami bahwa cara yang telah kami rancang pada fitur "Add friends" keliru," Ujar Morin yang mantan petinggi di Facebook itu.

"Sebagai komitmen kami untuk privasi Anda, kami telah menghapus seluruh koleksi dari informasi kontak yang terunggah ke server kami."

Path mendapatkan hujan kritikan setelah berita menyebar dari seorang pengembang software yang menemukan bahwa aplikasi jejaring sosial itu menyalin informasi dari buku telepon orang tanpa diketahui.

Path merupakan aplikasi gratis  yang dirancang untuk digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Apple iOS dan Android.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.