Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Path Akui "Salin" Daftar Kontak Pengguna Tanpa Izin

Kompas.com - 10/02/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Jejaring sosial yang ditujukan hanya untuk keluarga atau teman dekat, Path pada hari Rabu (8/1/2012) meminta maaf karena tanpa izin mengunggah buku alamat penggunanya.

"Kami membuat kesalahan," ujar wakil pendiri dan kepala eksekutif Path, David Morin dalam sebuah posting blog. "Kami sungguh-sungguh meminta maaf jika Anda tak nyaman karena aplikasi kami telah memakai alamat kontak ponsel Anda."

Untuk itu, Path telah merilis update aplikasi yang menawarkan pilihan bagi pengguna untuk membolehkan atau melarang Path menggunakan daftar informasi kontak pribadi yang membantu mereka berhubungan dengan teman atau keluarga pada jejaring sosial itu.

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa penggunaan informasi ini terbatas hanya untuk memperbaiki kualitas dari saran pertemanan ketika Anda menggunakan fitur "Add Friends" dan untuk memberitahu Anda jika ada kontak Anda yang  bergabung dengan Path - cuma itu," ujar Morin.

Menurut perusahaan itu, informasi kontak yang diperoleh dari pengguna komputer telah dienkripsi sebelum ditransmisikan ke server Path.

"Kami kini memahami bahwa cara yang telah kami rancang pada fitur "Add friends" keliru," Ujar Morin yang mantan petinggi di Facebook itu.

"Sebagai komitmen kami untuk privasi Anda, kami telah menghapus seluruh koleksi dari informasi kontak yang terunggah ke server kami."

Path mendapatkan hujan kritikan setelah berita menyebar dari seorang pengembang software yang menemukan bahwa aplikasi jejaring sosial itu menyalin informasi dari buku telepon orang tanpa diketahui.

Path merupakan aplikasi gratis  yang dirancang untuk digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Apple iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com