Pengadilan: Tablet Samsung 10 Inci Tidak Mirip iPad

Kompas.com - 10/02/2012, 17:18 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Apple harus menelan kekecewaan setelah Pengadilan Negeri Duesseldorf, Jerman, mengeluarkan putusan awal bahwa tablet Samsung Galaxy Tab 10.1N (dengan huruf N di belakangnya) tidak terlihat mirip dengan iPad.

Dikutip dari Reuters, Kamis (9/2/2012), Pengadilan Negeri Duesseldorf mengatakan terdapat "perbedaan yang jelas" antara Galaxy Tab 10.1N dan iPad.

Galaxy Tab 10.1N merupakan sebuah tablet yang didesain ulang oleh Samsung khusus untuk pasar Jerman. Vendor asal Korea Selatan ini mengubah materi dengan bahan metal yang menutup semua permukaan hingga bagian tepi.

Samsung terpaksa melakukan modifikasi desain karena pengadilan Jerman sempat menghentikan penjualan Galaxy Tab 10.1 pada September 2011 lalu. Semua dilatarbelakangi klaim dari Apple yang menyebutkan Galaxy Tab 10.1 melanggar hak paten desain, tampilan, dan nuansa iPad.

Smartphone dan tablet dari keluarga Galaxy, dipandang Apple sebagai produk yang menjiplak iPhone dan iPad. Perang paten antara keduanya tak hanya terjadi di Jerman, tapi juga di Amerika Serikat, Australia, Jepang, Korea serta beberapa negara Eropa.

Sampai saat ini, pengadilan di Belanda, Amerika Serikat dan Australia telah memutuskan untuk mempersilakan Samsung menjual smartphone dan tablet Galaxy, meski Apple tetap berupaya menghadangnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.