Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, Kaspersky Temukan 780 "Trojan Banker" Baru

Kompas.com - 11/02/2012, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Kaspersky Lab merilis laporan yang cukup mengejutkan, setiap harinya muncul 780 malware baru yang mengincar data nasabah online banking.

Atas temuan ini, Kaspersky mengingatkan pengguna komputer untuk lebih berhati-hati dalam menjaga informasi rahasia dan lebih teliti memperhatikan permintaan yang menanyakan data yang tidak biasa.

Berdasarkan data Kaspersky Security Network dalam tiga bulan terakhir, ditemukan 780 trojan banker baru dan terdeteksi di sekitar 2,000 komputer setiap harinya. Hal ini sama dengan 1,1% dari seluruh jumlah malware yang terdeteksi oleh software Kaspersky.

Di bulan Januari, para ahli Kaspersky Lab menemukan Trojan-Banker.MSIL.MultiPhishing.gen yang dirancang untuk mencuri data detail nasabah berbagai bank seperti Santander, HSBC Bank UK, Metro Bank, Bank of Scotland, Lloyds TSB, dan Barclays.

Setelah masuk dalam komputer, trojan akan menunggu layanan online banking untuk mulai bekerja. Malware ini kemudian akan memunculkan tampilan tiruan dari format otorisasi bank yang bersangkutan. Untuk memastikan data, Trojan akan melakukan pengecekan data yang dimasukkan.

Dengan cara ini, para pelaku berhasil memperoleh informasi rahasia yang memberikan mereka akses penuh atas akun bank nasabah. Trojan ini utamanya menargetkan nasabah di Inggris, dengan lebih dari 90 persen pendeteksian antivirus.

Tidak hanya Inggris, Trojan banker juga mengincar pengguna online banking di seluruh dunia. Negara yang paling sering menjadi target malware ini adalah Brazil (16,9 persen), diikuti Rusia (15,8 persen) dan China (10,8 persen).

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com