Apple Dituding Eksploitasi Kematian Whitney Houston

Kompas.com - 13/02/2012, 11:20 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Penggemar Whitney Houston menuding Apple telah mengeksploitasi kematian penyanyi bersuara emas tersebut. Gara-garanya, harga album Whitney Houston di iTunes tiba-tiba naik bertepatan dengan kematiannya.

Menurut Digital Spy yang dilansir Daily Mail, harga album Whitney Houston Ultimate Collection di iTunes yang dirilis pada 2007 telah naik 3 Euro (sekitar 4,70 dollar AS) menjadi 7,99 Euro (sekitar 12,6 dollar AS).

Sejumlah pengguna mengeluhkan kenaikan harga album di iTunes tersebut dan menuduh Apple mencari keuntungan di atas penderitaan orang lain.

"Saya marah dan saya merasa iTunes telah mengambil keuntungan di atas kematian Whitney Houston. Itu benar-benar parasit," ucap salah satu pelanggan iTunes yang akan membeli album Whitney Houston tersebut.

Di iTunes, delapan album Houston berada dalam daftar 100 album dengan penjualan terbanyak. Album The Greatest Hits berada di posisi puncak, termasuk versi original dan versi deluxe.

Whitney Houston memiliki nama lengkap Whitney Elizabeth Houston. Penyanyi R&B ini lahir di tengah keluarga musisi besar di Newark, New Jersey, AS, pada 9 Agustus 1963.

Ibunya, Cissy Houston, adalah penyanyi gospel terkenal di AS. Saudara sepupunya, Dionne Warwick, adalah salah satu diva pop Amerika pada dekade 1960-an. Ibu tirinya tak lain adalah Sang Ratu Soul, Aretha Franklin.

Dia mengasah kemampuan vokalnya sejak kecil, sebagai penyanyi di kelompok paduan suara gereja di dekat rumahnya. Menginjak usia belasan tahun, Houston memasuki dunia foto model sekaligus menjadi vokal latar bagi beberapa nama besar dunia musik waktu itu, seperti Chaka Khan dan Jermaine Jackson.

Debut perdananya di dunia rekaman, Houston menandatangani kontrak rekaman dengan Arista Records. Album perdananya, Whitney Houston, dirilis tahun 1985 dan berisi beberapa lagu terbaiknya, seperti ”How Will I Know”, ”Saving All My Love For You”, dan ”Greatest Love of All”.

Album ini langsung masuk nominasi Grammy Awards di tahun 1986, termasuk untuk kategori Album Tahun Ini. Akhirnya ia meraih Grammy pertamanya di kategori Penampilan Vokal Terbaik untuk Artis Wanita.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.