Mereka "Melukis Foto" dengan iPhone

Kompas.com - 14/02/2012, 09:03 WIB
EditorReza Wahyudi
HDRiPhoneographerHDRiPhoneographer melakukan photowalk di Kebon Raya Bogor Jawa Barat, Minggu (12/2/2012)
Beberapa foto hasil jepretan komunitas HDRiPhoneographer

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbekal iPhone, siapapun bisa memotret dengan hasil yang menarik. Seperti yang dilakukan komunitas HDRiPhoneographer yang menghasilkan foto bak lukisan.

HDRiPhoneographer adalah sebuah kumpulan orang-orang pecinta fotografi yang menggunakan perangkat iPhone. Bedanya, mereka tidak hanya sekadar menjepret objek untuk diabadikan.

Kelompok ini berkumpul karena ketertarikan yang sama untuk mengedit foto High Dynamic Range (HDR) berbekal iPhone.

Apa itu HDR?

HDR (High Dynamic Range) Photography adalah teknik yang melibatkan pengetahuan dasar memotret dan juga olah digital lanjutan.

Teknik HDR yang kerap dilakukan adalah membuat satu file dengan menggabungkan beberapa foto yang sama dengan exposure berbeda. Sehingga dihasilkan satu file foto dengan rentang nilai dinamis tinggi.

Sebuah foto HDR biasanya memiliki detail tinggi, baik pada bagian yang paling terang maupun paling gelap di foto tersebut.

Dengan iPhone, foto HDR lebih mudah untuk dihasilkan. Sejak iOS 4.1 bahkan Apple sudah menambahkan opsi HDR pada aplikasi Camera.

Padahal sebelumnya, untuk bisa menghasilkan foto berkualitas HDR, fotografer profesional harus mengeditnya melalui PC atau komputer dengan rangkaian peranti lunak.

Ada juga berbagai aplikasi penyunting foto untuk iPhone yang bisa menghasilkan foto HDR plus efek dramatis lainnya.

Awalnya mengamati

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X