Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Iran Sulit Akses Internet, Diblokir Pemerintah?

Kompas.com - 14/02/2012, 13:10 WIB

KOMPAS.com — Pemerintah Iran dilaporkan telah memblokir akses ke internet. Sebuah posting berita di Hacker News menjelaskan pengguna internet di Iran sangat sulit untuk terhubung ke internet, terutama sejak hari Minggu (12/2/2012).

"Pekan lalu, Pemerintah Iran telah mematikan protokol HTTPS yang menyebabkan hampir semua layanan Google (Gmail, dan Google.com itu sendiri) tidak dapat diakses," tulis Sara70 seperti dikutip Digital Trends. "Hampir semua website yang mengandalkan Google API (seperti Wolphram Alpha) tidak dapat diakses."

Website yang menggunakan HTTPS sangatlah banyak, seperti Google, Facebook, Hotmail, dan Yahoo.

Warga negara Iran yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada CNet, meskipun berita (pemblokiran Internet) tersebar luas, pemerintah menyangkal tindakan tersebut.

Pemblokiran ini disinyalir berkaitan dengan ulang tahun Revolusi Islam tahun 1979 yang dirayakan mulai Februari hingga bulan Maret depan.

Beberapa negara di Timur Tengah pada tahun lalu juga memutuskan koneksi internet ketika demonstran mulai berkoar-koar di berbagai situs jejaring sosial. Meskipun demikian, revolusi "Arab Spring" terus berlanjut, bahkan ada lonjakan aktivisme akibat pemadaman internet.

Pada 2009, warga Iran menggunakan Twitter untuk mengatur apa yang mereka sebut sebagai "Twitter Revolutions."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com